BJ Habibie. (Foto: Antara/Puspa Perwitasari)
BJ Habibie. (Foto: Antara/Puspa Perwitasari)

Habibie Lambang Intelektual Muslim Indonesia

Nasional bj habibie
Muhammad Syahrul Ramadhan • 11 September 2019 21:38
Jakarta: Ketua Dewan Pertimbangan Majelis Ulama Indonesia (MUI), Din Syamsuddin, menyambangi RSPAD Gatot Subroto untuk menyampaikan duka ke keluarga Presiden Ketiga RI BJ Habibie. Menurut Din, Habibie sangat berjasa mendirikan dan memimpin organisasi Ikatan Cendekiawan Muslim Indonesia (ICMI).
 
"Pak Habibie telah tampil sebagai motivator kebangkitan intelektual islam di Indonesia yang itu sangat penting bagi Indonesia," kata Din saat melayat ke rumah duka di kawasan Patra, Kuningan, Rabu, 11 September 2019.
 
Karenanya, dia menyebut kalangan muslim di Indonesia sangat kehilangan sosok Habibie. Mengingat semasa hidup, ilmuwan penemu crack progression theory, ini memberikan sumbangsih pada kemajuan Islam di Tanah Air.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Beliau (juga) diakui sebagai pemimpin dunia islam, semoga peran selam hidup menjadi amal jariyah,"ujarnya.
 
Mantan Ketua PP Muhammadiyah ini mengajak semua umat beragama mendoakan almarhum. Ia juga mengingatkan untuk bersama sama mengibarkan bendera setengah tiang sebagai simbol berduka.
 
"Khususnya untuk umat islam saya serukan untuk memanjatkan doa kehadirat Allah. Dan khususnya di daerah di pelosok-pelosok desa untuk menunaikan sholat ghoib besok hari jumat selesai sholat jumat mendoakan almarhum," tutup Din.
 
Habibie wafat pada usia 83 tahun. Presiden Republik Indonesia ke-3 tersebut meninggal dunia pukul 18.05 WIB di RSPAD Gatot Subroto.
 
Anak Habibie, Thareq Kemal Habibie menyebut tim dokter sudah berusaha keras untuk menyelamatkan nyawa ayahnya. Namun penyakitnya tak bisa disembuhkan.
 
"Tim dokter sudah memberikan yang terbaik. Karena memang usia dan gagal jantung," kata dia.
 
Kemal juga menyebut Habibie didampingi anak dan cucu saat menghembuskan napas terakhir.
 

(ADN)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif