NEWSTICKER
Petugas menyemprotkan disinfektan pada kios yang berada di Blok B Pasar Tanah Abang, Jakarta Pusat. Medcom.id/Christian
Petugas menyemprotkan disinfektan pada kios yang berada di Blok B Pasar Tanah Abang, Jakarta Pusat. Medcom.id/Christian

5.241 Kios di Pasar Tanah Abang Disemprot Disinfektan

Nasional Virus Korona
Christian • 20 Maret 2020 21:15
Jakarta: Ribuan kios di Blok B Pasar Tanah Abang, Jakarta Pusat, disemprot disinfektan saat jam operasional berakhir untuk mencegah penyebaran virus korona (covid-19). Penyemprotan dimulai sejak Jumat, 20 Maret 2020, hingga 25 Maret 2020.
 
"Kegiatan ini sudah berjalan satu minggu di beberapa pasar yang ada di bawah Perumda Pasar Jaya. Nah, seperti hari ini bisa dilihat juga di Pasar Tanah Abang Blok B," kata Direktur Utama (Dirut) Perumda Pasar Jaya Arief Nasrudin saat dihubungi, Jumat, 20 Maret 2020.
 
Arief mengatakan jajarannya terus membantu pemerintah untuk mencegah penyebaran virus korona. Perumda Pasar Jaya juga menyedikan hand sanitizer di beberapa titik serta pengurangan pintu masuk di Blok B Pasar Tanah Abang.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Kami juga sediakan hand sanitizer dan memberian masker bagi mereka yang sakit, hingga kami sediakan tempat untuk orang sakit. Jadi, kalau batuk bisa dilakukan pengecekan," kata dia.
 
Perumda Pasar Jaya, terang dia, juga melibatkan beberapa alumni Universitas Indonesia dan tim ahli sebagai sukarelawan untuk menyosialisasikan covid-19 ke masyarakat.
 
"Kita juga telah berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan dalam membantu proses sosialisasi dari tim medis guna menjelaskan kepada masyarakat di setiap pasar," terang dia.
 
Baca: Klub Malam hingga Panti Pijat di Jakarta Ditutup Sementara
 
Manager Teknik Blok B Pasar Tanah Abang, Hanes Bertega, menjelaskan total ada 5.241 kios di Blok B Pasar Tanah Abang. Seluruh kios disemprotkan disinfektan.
 
"Ini baru hari pertama di Pasar Tanah Abang Blok B kita lakukan penyemprotan. Setelah kosong dari pedagang dan pengunjung, langsung dilakukan penyemprotan," ujar dia.
 
Ada 10 petugas yang melakukan penyemprotan menggunakan 100 liter cairan disinfektan dan dua alat semprot listrik. Seluruh railing kios, pegangan pintu, 165 eskalator, kantor, masjid, kamar mandi, serta 22 lift disemprot.
 
"Kita harap penyemprotan ini dapat menghilangkan atau memutus virus covid-19. Pokoknya area yang kerap disentuh tangan (semua disemprotkan)," kata dia.
 

(AZF)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif