Ilustrasi. Medcom.id
Ilustrasi. Medcom.id

Publik Bisa Cek Fakta Mandiri

Nasional hoax
Cindy • 30 Juli 2020 15:26
Jakarta: Masyarakat dapat mengecek fakta secara mandiri terhadap konten yang diterima melalui media sosial. Sehingga penyebaran berita bohong atau hoaks di media sosial dapat diperangi.
 
"Misalnya kita terima informasi yang diragukan tapi belum ada situs media mana pun yang memeriksa, kita bisa cek fakta mandiri," kata Desk Head Kanal Cek Fakta Medcom.id, Wanda Indana, lewat diskusi daring Media Academy berjudul 'Turn Back Hoax', Kamis, 30 Juli 2020.
 
Wanda menyebut pengecekan dilakukan dengan mencari konten yang diterima melalui pencarian di mesin pencari bila informasi berbentuk teks. Sedangkan pengecekan fakta terhadap konten gambar yang diragukan dapat menggunakan verifikasi gambar.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Bisa dengan reverse image untuk mencari foto asli dan mirip dengan konten gambar yang diragukan dari sejumlah mesin pencari, di google atau baidu," ujar Wanda.
 
Hal serupa juga dapat dilakukan dalam mengecek kebenaran konten video. Hanya saja pengecekan video membutuhkan durasi yang lebih panjang.
 
Baca: Era Post Truth Ubah Pola Konsumsi Informasi
 
Wanda menyarankan masyarakat menganalisas media sosial milik penggugah konten diduga hoaks. Bila penggugah konten kerap kali membuat unggahan provokasi dan informasi diragukan maka konten yang didapat juga bisa dipastikan hoaks.
 
"Terakhir pengecekan orang, ini sama bisa kita telusuri siapa informannya, akun tertentu, kelompok tertentu yang menyebarkan informasi paling awal," kata dia.
 
Wanda pun mengimbau masyarakat bijak bermedia sosial. Konten yang belum pasti kebenarannya harus cek sebelum disebarkan.
 
"Bisa dengan mengunjungi cekfakta.com, turnbackhoax.id, bisa mengunjungi medcom.id di kanal khusus cek fakta, di situ kita setiap hari periksa fakta dan dapat dilihat sebagai bahan perbandingan," kata Wanda.
 

(JMS)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif