Juru bicara pemerintah untuk penanganan virus korona Achmad Yurianto. Dok. BNPB
Juru bicara pemerintah untuk penanganan virus korona Achmad Yurianto. Dok. BNPB

Ruang Isolasi Covid-19 Terisi 55,5 Persen

Nasional Virus Korona
Nur Azizah • 02 Juli 2020 19:04
Jakarta: Juru bicara pemerintah untuk kasus korona Achmad Yurianto menyebut kapasitas rumah sakit covid-19 masih mencukupi. Kapasitas ruang isolasi secara nasional baru terisi sekitar setengahnya.
 
"Kita masih bisa mempertahankan jumlah hunian rumah sakit kita, saat ini tingkat hunian rata-rata nasional di kisaran 55,5 persen," kata Yurianto di Kantor Badan Nasional Penanggulangan Bencana, Jakarta Timur, Kamis, 2 Juli 2020.
 
Yurianto menyampaikan penambahan kasus positif di Indonesia didominasi pasien dengan kasus ringan dan sedang. Sehingga, banyak pasien melakukan isolasi di rumah masing-masing.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Pasien tidak ada indikasi untuk dirawat di rumah sakit sehingga kita menyarankan untuk melaksanakan isolasi secara mandiri. Jadi, penambahan kasus yang demikian banyak tidak selalu dimaknai dengan penambahan jumlah pasien yang harus dirawat di rumah sakit," tegasnya.
 
Jumlah kasus positif secara nasional mencapai 59.394 orang per Kamis, 2 Juni 2020. Penambahan kasus ini berdasarkan pemeriksaan dengan metode polymerase chain reaction (PCR) dan tes cepat molekuler (TCM).
 
"Jumlah ini berdasarkan penambahan dari kasus terkonfirmasi positif hari ini, yakni 1.624 orang. Dan kasus meninggal menjadi 2.987," tambah Yurianto.
 
Adapun jumlah kasus sembuh secara nasional mencapai 26.667 orang. Orang dalam pemantauan (ODP) menjadi 40.778 orang dan pasien dalam pengawasan (PDP) 13.359 orang.
 
Informasi lengkap tentang perkembangan penanganan pandemi covid-19 bisa langsung diakses di sini: www.medcom.id/corona
 
(SUR)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif