Ilustrasi: Medcom.id
Ilustrasi: Medcom.id

79 Persen Perekonomian Warga Memburuk

Nasional Virus Korona
Nur Azizah • 15 Mei 2020 10:56
Jakarta: Wabah virus korona (covid-19) yang melanda Indonesia sejak Maret 2020 berdampak pada perekonomian warga. Tak sedikit masyarakat yang kehilangan pekerjaannya karena pandemi covid-19 berdasarkan survei Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC).
 
Sebanyak 79 persen responden menilai kondisi ekonomi rumah tangga mereka memburuk dibandingkan sebelum wabah covid-19. Responden yang menyatakan tidak ada perubahan hanya 19 persen dan yang menyatakan lebih baik hanya satu persen.
 
Direktur Eksekutif SMRC Sirojudin Abbas menyebut bantuan pemerintah sangat dibutuhkan mengingat mayoritas kondisi ekonomi warga memburuk. Sebanyak 84 persen responden juga menilai kondisi ekonomi nasional lebih buruk dibanding sebelumnya.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Yang menyatakan tidak ada perubahan hanya delapan persen dan yang menyatakan lebih baik jauh lebih sedikit, yaitu dua persen," kata Abbas dalam keterangan tertulisnya, Jakarta, Jumat, 15 Mei 2020.
 
Menurut dia, masyarakat cenderung pesimistis dengan kondisi ekonomi setahun ke depan. Hanya 29 persen yang menganggap ekonomi rumah tangga mereka akan membaik, sedangkan 53 persen menganggap kondisi ekonomi akan memburuk.
 
Respons masyarakat juga tak jauh berbeda terhadap kondisi ekonomi nasional setahun ke depan. Warga yang optimistis ekonomi nasional membaik hanya 27 persen dan yang pesimistis 49 persen.
 
79 Persen Perekonomian Warga Memburuk
 
Baca: Survei: 49 Persen Warga Sebut Bansos Tak Capai Sasaran
 
“Maka keberlanjutan bantuan, menambah jumlah warga yang dibantu, mendaftar secara lebih baik warga yang wajib dibantu, dan memperbaiki mekanisme penyaluran bantuan hingga tepat sasaran adalah agenda-agenda mendesak yang harus dilakukan pemerintah pusat dan daerah bersama-sama,” jelas Abbas.
 
Survei bertajuk Wabah Covid-19: Efektivitas Bantuan Sosial ini dilaksanakan pada Selasa, 5 Mei 2020, dan Rabu, 6 Mei 2020 melalui sambungan telepon. Riset melibatkan 1.235 responden dengan margin of error 2,9 persen.
 
Informasi lengkap tentang perkembangan penanganan pandemi covid-19 bisa langsung diakses di sini.
 

(OGI)

LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif