Ilustrasi PSBB. Medcom.id
Ilustrasi PSBB. Medcom.id

Penularan Virus Covid-19 Terbesar Terjadi di Rumah

Nasional Virus Korona
Candra Yuri Nuralam • 07 Agustus 2020 16:53
Jakarta: Juru bicara Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito menyebut penyebaran kasus virus korona (covid-19) terbesar terjadi di rumah. Masyarakat kerap abai dengan protokol kesehatan.
 
"Di situ biasanya orang lengah, karena sudah lama di rumah, stres bekerja, dan akhirnya berkerumun dengan warga sekitar," kata Wiku di Gedung Graha BNPB, Jakarta Timur, Jumat, 7 Agustus 2020.
 
Wiku menuturkan seluruh aktivitas masyarakat berakhir di rumah. Ini membuat klaster permukiman melonjak.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Atau dari berbagai tempat yang mereka enggak sadar di dalam keluarga kan bekerjanya di berbagai tempat dan di rumahnya tertular," ujar Wiku.
 
(Baca: 2.473 Orang Jadi Pasien Baru Covid-19)
 
Namun, dia tidak memerinci kasus positif korona dari klaster permukiman. Wiku mengingatkan masyarakat tetap menjaga protokol kesehatan meski di rumah.
 
Dia menyebut pulang ke rumah tak menjamin virus hilang. "Jadi, sebelum masuk pastikan melepas masker, cuci tangan, bajunya dicuci, mandi, supaya apa yang di luar enggak dibawa dengan interaksi rumah," tutur Wiku.
 
Sebanyak 2.473 orang terkonfirmasi positif menderita virus korona pada Jumat, 7 Agustus 2020. Kasus terkonfirmasi mencapai 121.226 pasien.
 
Sementara itu, kasus sembuh 77.557 orang. Sedangkan kasus meninggal mencapai 5.593 orang.
 
(REN)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif