NEWSTICKER
Warga Bidara Cina mengungsi/Medcom.id/Zaenal
Warga Bidara Cina mengungsi/Medcom.id/Zaenal

Seribu Warga Bidara Cina Mengungsi

Nasional banjir jakarta Jakarta Banjir
Zaenal Arifin • 20 Februari 2020 22:05
Jakarta: Sebanyak 200 kepala keluarga (KK) di Bidara Cina, Jatinegara, Jakarta Timur, mengungsi karena banjir. Tinggi air bervariasi mulai dari 15 sentimeter hingga 2 meter.
 
"Sudah ada sekitar 200 KK yang mengungsi, kalau jiwanya sekitar 1.000 lebih," kata ketua rukun warga (RW) 07 Mamat Sahroni di lokasi, Kamis, 20 Februari 2020.
 
Mamat menyebut titik pengungsian dipusatkan di kantor Kelurahan Bidara Cina dan Gelanggang Remaja Otista. Kedua lokasi dijadikan tempat mengungsi karena tak jauh dari pemukiman warga RW 07.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Jumlah pengungsi di Gelanggang Remaja Otista lebih banyak dibanding kantor kelurahan. Yakni lebih dari 500 jiwa.
 
"Di RW 07 ini ada 18 RT (rukun tetangga), 12 RT-nya itu kebanjiran. Jadi cuma enam RT yang benar-benar enggak kebanjiran, karena wilayahnya tinggi," ujarnya.
 
Seribu Warga Bidara Cina Mengungsi
Banjir di Bidara Cina, Jakarta Timur/Medcom.id/Zaenal Arifin
 
Mamat menjelaskan jumlah pengungsi belum mencakup keseluruhan warga. Karena tak semua yang terdampak luapan Kali Ciliwung mengungsi.
 
"Ini ketinggian air enggak rata, masih ada yang di bawah dua meter. Kalau sudah rata, dua meter lebih, dan aliran listrik dimatiin (padam), baru pada ngungsi," kata dia.
 
Mamat mengatakan, warga yang mengungsi mendapatkan logistik makanan dari Kelurahan Bidara Cina. Kebutuhan warga sementara ini masih tercukupi.
 
"Belum ada bantuan yang dibutuhkan warga, karena mereka bawa kebutuhan masing-masing," tuturnya.
 
Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta menyebut 46 RW di 12 Kecamatan yang berada di kawasan DKI Jakarta terendam akibat curah hujan tinggi, Kamis, 20 Februari 2020. Titik banjir terparah ada di wilayah Jakarta Timur.
 

(ADN)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif