Petugas keamanan mencuci tangan di fasilitas umum yang disediakan di Setiabudi, Jakarta, Sabtu, 16 Mei 2020. Foto: Antara/Aditya Pradana Putra
Petugas keamanan mencuci tangan di fasilitas umum yang disediakan di Setiabudi, Jakarta, Sabtu, 16 Mei 2020. Foto: Antara/Aditya Pradana Putra

Pemerintah Jamin Ketersediaan Air Bersih Selama Pandemi

Nasional Virus Korona
Siti Yona Hukmana • 23 Mei 2020 03:06
Jakarta: Direktorat Jenderal Kesehatan Masyarakat Kementerian Kesehatan (Kemenkes) menjamin ketersediaan air bersih bagi masyarakat. Air bersih berperan penting dalam memutus mata rantai penularan virus korona (covid-19).
 
"Kita pastikan kita jamin agar masyarakat mampu memiliki akses terhadap ketersediaan air minum yang berkualitas untuk mendukung upaya pencegahan penyebaran covid-19 ini," kata Direktur Jenderal Kesehatan Masyarakat Kirana Pritasari dalam diskusi daring, Jumat, 22 Mei 2020.
 
Menurut dia, Kementerian Kesehatan udah mendekati pemangku kepentingan terkait. Jaminan ketersediaan air berkualitas masuk ke dalam rencana pembangunan jangka menengah nasional (RPJMN) Direktorat Jenderal Kesehatan Masyarakat.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Jaminan air bersih itu, kata dia, menjadi hak asasi manusia (HAM) yang harus dipenuhi. Kementerian Kesehatan memiliki banyak program prioritas nasional bidang kesehatan terkait dengan ketersediaan air minum yang berkualitas.
 
"Salah satunya program penurunan stunting yang diharapkan turun menjadi 14 persen, ini juga sangat tergantung terhadap akses sanitasi dan kualitas air minum," pdia.
 
Pemerintah Jamin Ketersediaan Air Bersih Selama Pandemi
 
Baca: Kemenkes Bantah Bebankan Pencegahan Virus Korona Kepada Masyarakat
 
Selain itu, Kirana mengklaim pemerintah telah gencar menyosialisasikan upaya pencegahan covid-19 melalui menjaga jarak atau physical distancing, makan makanan yang bergizi seimbang, dan olahraga untuk menjaga daya tahan tubuh. Namun, upaya itu dinilai belum cukup untuk mencegah virus korona.
 
"Perlu ada praktik cuci tangan pakai sabun secara terus menerus dan secara masif. Upaya itu harus didukung dengan sarana dan prasarana yaitu ketersediaan air di seluruh permukiman, di tempat fasilitas umum, institusi di tempat kerja, ataupun tempat layanan publik lainnya," imbuh dia.
 
Informasi lengkap tentang perkembangan penanganan pandemi covid-19 bisa langsung diakses di sini.
 

(OGI)

LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif