Pasar Ikan Modern (PIM) Muara Baru, Jakarta. -- FOTO: Medcom.id/Damar Iradat.
Pasar Ikan Modern (PIM) Muara Baru, Jakarta. -- FOTO: Medcom.id/Damar Iradat.

Pasar Induk Modern Perlu Dicontoh Provinsi Lain

Nasional perikanan pasar tradisional kelautan dan perikanan
Damar Iradat • 14 Maret 2019 02:21
Jakarta: Presiden Joko Widodo ingin Pasar Ikan Modern (PIM) Muara Baru, Jakarta menjadi percontohan pasar ikan di provinsi lain. Hal ini lantaran PIM Muara Baru sudah berubah menjadi lebih baik.
 
"Ini sebagai contoh pembangunan di provinsi yang lain, termasuk fasilitas di dalamnya," kata Jokowi usai meninjau PIM Modern di Muara Baru, Jakarta, Rabu, 13 Maret 2019.
 
Menurut Jokowi, PIM Muara Bari dibangun berdasarkan standar internasional. Namun, menurut dia, yang terpenting dengan hadirnya PIM di Muara Baru ini adalah mengubah budaya para pedagang.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Kepala Negara juga meminta agar nantinya Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti menyediakan seragam kepada para pedagang. Ini agar kelihatan pasar lebih bersih dan tertata.
 
"Saya nanti meminta Bu Susi agar semua pedagang pasar pakai seragam. Biar kelihatan bersihnya," ungkap dia.
 
Dalam kesempatan itu, Jokowi juga sempat membeli sejumlah ikan di sana. Ia berkelakar, dalam sebulan ini ia bakal hanya makan ikan yang dibelinya.
 
"Kerang, udang, ikan dan semua ikan kita beli. Mungkin sebulan ini saya enggak makan apa-apa kecui ikan dan kerang," kata Jokowi seraya bercanda.
 
Presiden Joko Widodo sebelumnya meresmikan Pasar Ikan Modern (PIM) di Muara Baru, Jakarta Utara. Presiden menyebut, keberadaan PIM membalikan persepsi pasar ikan selama ini.
 
"Saya senang. Saya bangga bisa hadir di PIM Muara Baru. Karena kita sudah bisa membalik persepsi. Dulu persepsinya banyak orang, yang namanya pasar ikan pasti kotor, becek, bau, tidak nyaman," kata Jokowi dalam sambutannya di Pasar Ikan Modern, Muara Baru, Rabu, 13 Maret 2019.
 
Jokowi mengatakan, sejatinya ia telah memerintahkan Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti membangun pasar ikan seperti Tsukiji, Tokyo, Jepang pada tahun 2016. Saat itu, Susi langsung menyanggupi perintah Jokowi tersebut.
 
Menurut Jokowi, PIM terdiri dari 896 unit lapak untuk jualan, 155 kios maritime, 8 unit food court, dan fasilitas lain. Bangunan pasar terdiri 3 lantai seluas 20.442 meter persegi di atas lahan 4,15 hektare milik Perum Perindo. Pembangunan menggunakan dana APBN Kementerian Kelautan dan Perikanan sebesar Rp150,7 miliar.
 

(BOW)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif