Kapolri Jenderal Tito Karnavian dalam pertemuan Victoria Police and Leadership in Counter Terrorism Alumni Assocition 2018 Internasional Counter Terrorism Forum di Melbourne Australia. Foto: Istimewa
Kapolri Jenderal Tito Karnavian dalam pertemuan Victoria Police and Leadership in Counter Terrorism Alumni Assocition 2018 Internasional Counter Terrorism Forum di Melbourne Australia. Foto: Istimewa

Kapolri Ungkap Strategi Penanganan Terorisme di Australia

Nasional terorisme
Lukman Diah Sari • 12 Desember 2018 22:42
Jakarta: Kapolri Jenderal Tito Karnavian berbagi strategi penanganan terorisme di Australia. Strategi itu diungkap dalam pertemuan Victoria Police and Leadership in Counter Terrorism Alumni Assocition 2018 Internasional Counter Terrorism Forum di Melbourne Australia, Rabu, 12 Desember 2018. 

Tito saat itu mengungkap, dalam penanganan terorisme bisa melalui pendekatan keras dan pendekatan lunak. “Namun, kedua pendekatan ini harus berjalan secara simultan guna mengoptimalkan hasil dan tujuan yang hendak dicapai,” ujarnya melalui keterangan tertulis, Rabu, 12 Desember 2018. 

Selain itu, kata Jenderal bintang empat itu, penegak hukum harus bisa memahami pola pikir juga perilaku dari strategi pelaku teror. Pemahaman itu, kata Tito, bakal memengaruhi pilihan bertindak untuk penegak hukum. 

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?



“Guna melaksanakan counter strategy untuk mencegah dan menanggulangi kejahatan terorisme,” jelasnya.  Dia menegaskan, saat ini perkembangan terorisme global dibagi menjadi dua gelombang. Yakni, pertama saat kemunculan Al-Qaedah dan hubungannya dengan Jamaah Islamiyah di Indonesia. 

Baca: Australia Akan Cabut Kewarganegaraan Pelaku Terorisme

“Gelombang kedua mulai dirasakan sejak kehadiran ISIS dan bagaimana pengaruhnya dengan Jamaah Anshorut Daulah (JAD) yang ada di Indonesia,” kata Tito. 


(DMR)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi