ilustrasi Medcom.id ()
ilustrasi Medcom.id ()

Perlindungan Konsumen dari Aplikator Ojek Online Lemah

Nasional pelecehan seksual
Eko Nordiansyah • 16 Mei 2019 06:18
Jakarta: Komisi Nasional untuk Perempuan (Komnas Perempuan) menilai perlindungan aplikator ojek online terhadap konsumen lemah. Hal ini maraknya kasus kekerasan dan pelecehan seksual oleh pengemudi ojek online terhadap penumpang.
 
Komisioner Komnas Perempuan Imam Nakhai mengatakan, aplikator tak banyak berbuat untuk meningkatkan perlindungan konsumen terutama perempuan. Jika terjadi pelecehan, pelaku hanya dikeluarkan sementara selebihnya korban yang menanggung.
 
"Sebenarnya kejadian seperti yang menimpa penumpang perempuan dari Grab, bisa dicegah. Pasalnya, kejadian serupa bukan pertama kali muncul. Dari Komnas, kami mendorong aplikator juga membenahi sistem penerimaan pengemudi mitra," kata Imam di Jakarta, Kamis 16 Mei 2019.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Dirinya menambahkan, pihak aplikator seperti Grab perlu mengevaluasi rekam jejak calon pengemudinya sebelum direkrut sebagai mitra. Komnas Perempuan menggandeng aplikator untuk bekerja sama mengantisipasi kasus-kasus serupa.
 
"Saat ini, terdapat program kerja sama untuk menanggulangi potensi kejadian serupa, antara lain pelatihan dan kampanye anti kekerasan seksual bagi pengemudi juga penumpang. Untuk korban, sudah ada kerjasama dengan Yayasan Pulih," ungkapnya.
 
Sebelumnya, muncul petisi pemerintah membekukan izin salah satu aplikator oken online karena maraknya kasus pelecahan seksual. Petisi di situs Change.org yang diinisiasi Dewi Mardianti ini telah didukung 2.131 orang, dengan melampirkan sejumlah kejadian pelecehan penumpang perempuan oleh pengemudi Grab.
 
Pada 2017, tercatat ada lima peristiwa pelecehan dari pengemudi Grab. Kemudian pada tahun lalu, sebanyak delapan kejadian pelecehan kepada perempuan dari awak Grab. Pada Januari 2019, peristiwa pelecehan justru menimpa anak di bawah umur.

 

(WHS)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

MAGHRIB 17:47
DOWNLOAD JADWAL

Untuk Jakarta dan sekitarnya

  • IMSAK04:26
  • SUBUH04:36
  • DZUHUR11:53
  • ASHAR15:14
  • ISYA19:00

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif