Ilustrasi. Medcom.id
Ilustrasi. Medcom.id

18 Legislator Positif Covid-19, Gedung Parlemen Tidak Akan Lockdown

Nasional Virus Korona pandemi covid-19
Theofilus Ifan Sucipto • 07 Oktober 2020 18:48
Jakarta: Sekretaris Jenderal DPR, Indra Iskandar, menegaskan gedung DPR tidak akan di-lockdown usai 40 orang terpapar virus korona (covid-19). Pengamanan di Kompleks Parlemen hanya akan diperketat.
 
"Kita tidak akan lockdown, tetapi pengetatan. Situasi DPR tidak bisa diputuskan seperti pembatasan di perkantoran di Jakarta," kata Indra di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu, 7 Oktober 2020.
 
Indra mengatakan perlakuan Gedung DPR berbeda dengan gedung di Jakarta yang ikut pembatasan sosial berskala besar (PSBB) Jilid II. Mekanisme perlakuan Kompleks Parlemen diputuskan di internal DPR.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Menurut Indra, Gedung DPR tetap harus dibuka. Mereka berencana mendisinfektan dan mensterilkan ruang kerja usai 40 orang di DPR terinfeksi covid-19.
 
"Tapi kami akan perketat semua tamu yang lalu-lalang. Bila tanpa ada keperluan, itu tidak diperbolehkan," ujar dia.
 
Baca: Istana Wanti-wanti Klaster Demo UU Ciptaker
 
Upaya pengetatan lainnya, yakni membentuk satuan tugas (satgas) covid-19 DPR. Mereka bertugas memantau, melacak, serta melaporkan dugaan covid-19 kepada unit pelayanan kesehatan di DPR.
 
Sebanyak 40 orang di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, positif covid-19. Dari jumlah itu, 18 orang di antaranya merupakan anggota DPR.
 
Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, merespons kabar tersebut. Anies minta Gedung DPR ditutup sementara.
 
"Ketentuannya bahwa ketika ada kasus positif, maka di tempat itu kegiatan harus dihentikan selama tiga hari. Itu ketentuan yang harus dilaksanakan," kata Anies di Balai Kota DKI Jakarta, Rabu, 7 Oktober 2020.
 
Anies menyebut penutupan yang diberlakukan tak menyeluruh. Melainkan hanya lokasi tertentu tempat para anggota DPR RI positif covid-19 bekerja.
 
(JMS)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif