Ilustrasi: Medcom.id
Ilustrasi: Medcom.id

Reisa: Mencegah Covid-19 Lebih Mudah dan Murah

Nasional Virus Korona pandemi covid-19 protokol kesehatan Ingat Pesan Ibu Satgas Covid-19
Yogi Bayu Aji • 13 November 2020 21:38
Jakarta: Juru bicara Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Reisa Broto Asmoro mengajak publik tak pernah jenuh untuk mencegah virus korona. Warga harus terus ingat untuk memakai masker, mencuci tangan dengan sabun, dan menjaga jarak (3M).
 
“Wajib mencegah dan melindungi diri dari penyakit karena yang namanya mencegah jauh lebih mudah, lebih murah, lebih berfaedah daripada mengobati," kata Reisa Broto Asmoro dalam dialog di Jakarta, Jumat, 13 November 2020.
 
Di sisi lain, Reisa meminta masyarakat tidak takut memeriksakan diri demi mendapatkan perawatan yang optimal. Mulai Rabu, 4 November 2020, kata dia, obat penanganan covid-19 didistribusikan ke 34 dinas kesehatan tingkat provinsi dan 779 rumah sakit (RS).

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Baca: Terlihat Sehat Belum Tentu Bebas Covid-19
 
Kepala instalasi gawat darurat salah satu RS di Jakarta, Gia Pratama Putra, menyebut ada tiga fase yang harus dihadapinya hampir setiap hari dalam menangani pasien covid-19. Fase pertama yakni meyakinkan pasien positif bila covid-19 bisa dilalui.
 
“Keyakinan akan kesembuhan adalah 50 persen kesembuhan. Virus ini sebenarnya bisa kalah dengan daya tahan tubuh kita sendiri. Jadi biarkanlah bapak ibu, tidak usah fokus pada penyakitnya. Biarkan dokter-dokter kita yang fokus pada penyakitnya. Bapak ibu fokuslah menjaga diri dan kesehatan," ungkap Gia.
 
Fase kedua yakni saat pasien harus diisolasi sehingga tidak boleh bertemu dengan keluarga ataupun teman. Sebagai tenaga kesehatan, dokter harus terus berkunjung menyemangati dan berperan sebagai keluarga kedua pasien covid-19.
 
Sementara itu, fase ketiga mencakup dua kemungkinan. Kemungkinan pertama yakni kesembuhan pasien. Kemungkinan kedua ialah hasil yang tidak diinginkan, meninggalnya pasien covid-19. Dia pun mengingatkan mengobati memang penting, tetapi mencegah lebih baik.
 
“Jadi, cara kita menurunkan risiko infeksi adalah menurunkan jumlah virus. Caranya melakukan 3M dan meningkatkan imunitas tubuh," papar Gia.
 
Menurut dia, ada tiga cara meningkatkan imunitas tubuh. Cara pertama memenuhi kebutuhan nutrisi seperti mengonsumsi sayur dan buah setiap hari. Langkah Kedua istirahat yang cukup. Waktu tidur yang ideal yakni selama enam sampai tujuh jam.
 
"Tidur sebelum jam sebelas malam dan bangun sebelum jam lima pagi, itu yang paling baik. (Cara) terakhir, olahraga rutin. Ini banyak yang tidak dilakukan di saat kita bekerja dari rumah. Padahal ada banyak olahraga yang bisa dilakukan di dalam rumah," terang Gia.
 
Pemerintah melalui #satgascovid19 tak bosan-bosannya mengampanyekan #ingatpesanibu. Jangan lupa selalu menerapkan 3M, yakni #pakaimasker, #jagajarak dan #jagajarakhindarikerumunan, serta #cucitangan dan #cucitanganpakaisabun.
 
(OGI)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif