Ilustrasi. Medcom.id
Ilustrasi. Medcom.id

Pemerintah Janji Penuhi Kebutuhan APD

Nasional Virus Korona virus corona
Kautsar Widya Prabowo • 28 Maret 2020 18:08
Jakarta: Pemerintah berjanji akan memenuhi kebutuhan alat pelindung diri (APD) di rumah sakit rujukan penanganan virus korona (covid-19). APD sangat penting bagi tenaga medis agar terhindari dari penularan virus korona.
 
"Kita akan berusaha memenuhi dan mematuhi dan melengkapi (kebutuhan) APD," kata juru bicara pemerintah untuk penanganan virus korona, Achmad Yurianto, saat konferensi pers di Graha Badan Nasional Penanggulanagan Bencana (BNPB), Jakarta, Sabtu, 28 Maret 2020.
 
Yurianto meminta para pihak terkait dapat menjalankan standar operasional prosedur (SOP) dalam penggunaan APD. Sehingga, kebutuhan APD dapat terpenuhi dengan baik.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Baca: Tanpa APD, IDI Tolak Layani Pasien Covid-19
 
Yurianto mengatakan pemerintah sudah menyiapkan banyak rumah sakit rujukan untuk pasien korona, baik rumah sakit milik pemerintah, BUMN, maupun swasta. Namun, dia meminta masyarakat tetap menjalani isolasi secara mandiri bila kondisi tidak parah.
 
Ikatan Dokter Indonesia (IDI) dan sejumlah organisasi profesi dokter sebelumnya menyatakan tidak mau melayani pasien covid-19 tanpa dilengkapi APD. Sikap itu tertuang dalam surat edaran Pengurus Besar (PB) IDI.
 
IDI meminta pemerintah menyediakan APD yang sesuai untuk setiap tenaga kesehatan. Karena penularan virus korona dapat menghentikan semua pelayanan kesehatan dan menjangkit ke pasien lain.
 

(AZF)

LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif