Ilustrasi. Medcom.id
Ilustrasi. Medcom.id

Gugus Tugas Minta Daerah Inisiatif Ajukan PSBB

Nasional Virus Korona PSBB
Nur Azizah • 11 Mei 2020 16:03
Jakarta: Kepala Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Doni Monardo meminta semua daerah inisiatif mengusulkan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) kepada Kementerian Kesehatan. PSBB dinilai mampu menekan laju pertumbuhan covid-19.
 
"Gugus Tugas sangat berharap inisiatif daerah, terutama yang kasus terkonfirmasi positifnya mengalami peningkatan sebaiknya mengusulkan kepada Menteri Kesehatan (Terawan Agus Putranto) untuk mendapatkan PSBB" kata Doni di Kantor Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Jakarta Timur, Senin, 11 Mei 2020.
 
Doni mendorong pemerintah daerah agar mulai mempersiapkan persyaratan pengajuan PSBB. Dia bersedia berkoordinasi dengan pemerintah daerah terkait persiapan PSBB.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Dengan inisiatif dari daerah, sehingga kesiapan untuk mempersiapkan diri, melakukan koordinasi, ini akan jauh lebih baik. Hal ini kita upayakan agar tidak terjadi ping-pong antardaerah. Di mana ada satu daerah yang telah menurun, sudah sangat berkurang lantas akan bisa kembali lagi manakala ada perubahan mobilisasi dari masyarakat," ungkapnya.
 
Doni menyebut DKI Jakarta berhasil menurunkan covid-19 pascapenerapan PSBB. Data pada 5 April 2020, jumlah pasien positif di DKI berkisar 50 persen dari total pasien nasional.
 
Setelah menerapkan PSBB, angka konfirmasi positif menurun hingga 11 persen. Data ini sesuai dengan milik gugus tugas pada 5 Mei 2020, yang menyatakan kasus positif di DKI turun menjadi 39 persen dari total kasus nasional.
 
"Hampir semua provinsi yang memutuskan PSBB mengalami kemajuan yang cukup bagus," kata Doni.
 
Baca: Kasus Covid-19 di DKI Turun 11 Persen
 
Sedangkan kasus untuk Pulau Jawa berkisar 70 persen dari total nasional. Adapun pasien meninggal ada 82 persen dari keseluruhan.
 
"Pasien sembuh di Pulau Jawa ada 59 persen, sehingga gugus tugas berharap insiatif daerah terutama yang kasusnya alami peningkatan sebaiknya usulkan ke Menkes untuk mendapatkan PSBB," ujar dia.
 
Informasi lengkap tentang perkembangan penanganan pandemi covid-19 bisa langsung diakses di sini.
 

(AZF)

LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif