NEWSTICKER
Ilustrasi/Antara/Adeng Bustomi.
Ilustrasi/Antara/Adeng Bustomi.

20 Persen Pasien Korona RSUP Persahabatan Sakit Berat

Nasional Virus Korona
Zaenal Arifin • 19 Maret 2020 17:51
Jakarta: Kondisi pasien virus korona (covid-19) Rumah Sakit Umum Pusat Persahabatan beragam. Mulai dari sakit berat hingga keluhan ringan.
 
"Dari pasien-pasien yang kami rawat itu yang kelihatan sakit berat sekitar 20 persen, yang 80 persen memang ada keluhan, ada kelainan, tapi selama dirawat dia masih bisa aktivitas, dia ke kamar mandi sendiri, bisa makan, bisa berkomunikasi," kata Direktur Utama RSUP Persahabatan Rita Rogayah di kantornya, Jakarta Timur, Kamis, 19 Maret 2020.
 
Baca: Bertambah 52, Pasien Positif Korona di Jakarta Jadi 210 Orang

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Meski terlihat sehat, kata Rita, pasien dalam pengawasan (PDP) harus diisolasi. Jika sewaktu-waktu pasien mengalami penurunan kondisi, petugas kesehatan bisa mengambil langkah cepat.
 
"Karena ini kan penyakit baru, kalau bukan covid-19, mungkin pasien ini tidak kita rawat, tapi karena korona virus, maka kita rawat," kata Rita.
 
RSUP Persahabatan, merawat 23 pasien virus korona. Dari jumlah tersebut, 17 pasien positif covid-19, sedangkan sisanya merupakan PDP.
 
"Ada tujuh pasien yang dirawat di ruang instalasi gawat darurat (IGD) yang termasuk kelompok PDP," kata Rita.
 
Selain itu, ada dua pasien yang dinyatakan sembuh. Mereka menjalai tes laboratorium sebanyak dua kali dan dinyatakan negatif.
 
"Dua pasien ini kami pindahkan dari ruang isolasi ke ruang rawat inap," ucap Rita.
 

(ADN)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif