Presiden Joko Widodo. Foto: MI/Susanto.
Presiden Joko Widodo. Foto: MI/Susanto.

Jokowi Minta Oleh-Oleh Ilmu kepada Peserta WorldSkills Competitions

Nasional pendidikan
Desi Angriani • 14 Agustus 2019 12:56
Jakarta: Presiden Joko Widodo mengingatkan peserta WorldSkills Competitions(WSC) di Kazan, Rusia, tak membuang kesempatan. Mereka harus membawa ilmu baru yang dipamerkan negara lain di kompetisi kemampuan ini.
 
"Karena dunia sudah berubah seperti ini. Tidak seperti yang kemarin-kemarin," kata Jokowi saat menerima peserta kompetisi di Istana Merdeka, Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu 14 Agustus 2019.
 
Menurut dia, perubahan dunia menciptakan lapangan pekerjaan yang sebelumnya tak pernah dipikirkan publik. Pelajar yang dikirim ke WorldSkills Competitions pun harus jeli melihat peluang ini untuk dijadikanrujukan Indonesia di masa mendatang.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Kepala Negara mendukung keikutsertaan Indonesia dalam kompetisi keahlian dan keterampilan internasional tersebut. Ajang ini dapat menjadi tempat bagi pelajar terbaik Indonesia untuk menunjukkan talenta mereka pada dunia.
 
"Saya enggak tahu mungkin urusan IT (teknologi informasi), mungkin urusan yang berkaitan dengan agrikultura, mungkin yang berkaitan dengan manufacturing, (tapi) banyak sekali yang bisa kita tunjukkan," jelas Jokowi.
 
Sebanyak 36 tim sekolah menengah kejuruan (SMK) Indonesia akan bertarung di WorldSkills Competitions. Ajang kompetisi tingkat dunia ke-45 ini diikuti 63 negara dan berlangsung pada 22-27 Agustus 2019.
 
Baca: SMK Harus Berbasis Kewirausahaan
 
Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy mengatakan alumni juara Lomba Keterampilan Siswa (LKS) Nasional dan juara I ASEAN Skills Competition (ASC) menjadi delegasi yang dikirim. Mereka pernah mengikuti pelatihan standar kompetensi internasional sejak 22 Februari sampai 30 September 2017.
 
"Para pemenang kompetensi pada 2017 lalu diadu kembali dengan peserta yang memenangkan lomba di 2018. Peserta terbaik dikirim untuk mengikuti WorldSkills Competitions tahun ini," ungkap Muhadjir.
 
Ia menambahkan Indonesia hanya mengikuti 29 bidang dari total 56 bidang yang diperlombakan. Hal ini meliputi perkebunan, lanskap, robotik, mekatronika, tata boga, penyajian makanan, rias, dan fesyen.
 

(OGI)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif