Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko. Foto: MI/Susanto.
Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko. Foto: MI/Susanto.

Moeldoko Segera Dapat Pendamping di KSP

Nasional Kabinet Jokowi-Maruf
Damar Iradat • 08 November 2019 01:34
Jakarta: Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko menyebut dirinya akan memiliki wakil kepala staf kepresidenan. Presiden Joko Widodo akan mengangkat pendampingnya di Kantor Staf Presiden (KSP).
 
"Nanti ada wakil kastaf (kepala staf kepresidenan). Yang kedua perubahan terjadi pada manusianya (deputi)," kata Moeldoko di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Kamis, 7 November 2019.
 
Penempatan wakil kepala staf kepresidenan ini, menurut dia, dilatarbelakangi beban kerja pemerintah lima tahun ke depan. Wakil kepala staf kepresidenan bakal membantu menjalankan tugas baru, delivery unit.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Mungkin ada pertimbangan beban kerja. Nanti wakil staf lebih ke delivery unit, kastaf lebih ke policy-nya. Akan kita bagi seperti itu," paparnya.
 
Moeldoko menyatakan Jokowi sudah mengantongi nama kandidat posisi wakil kepala staf kepresidenan. Namun, ia masih enggan mengungkap identitasnya.
 
Di sisi lain, mantan Panglima TNI itu menyebut tak akan ada perubahan signifikan pada struktur organisasi KSP. Setidaknya, ada lima kedeputian dan tiga staf khusus.
 
Ia juga tengah menyeleksi calon deputi dan staf khusus di KSP. Para calon deputi KSP bisa berasal dari kalangan profesional, partai politik, relawan, organisasi kemasyarakatan, hingga LSM.
 
"Untuk itu, kami membuka pintu siapa pun bisa mendaftar di sini. Dan kita sudah siapkan tim SDM-nya untuk seleksinya," jelas dia.
 
Menurut Moeldoko, penambahan struktur baru hanya pada delivery unit. Tugas unit itu, kata Moeldoko, adalah memastikan program yang dicanangkan Presiden Jokowi untuk lima tahun ke depan bisa berjalan dan dirasakan oleh masyarakat.
 
"Bukan hanya send tapi juga telah ter-deliver dengan baik. Kita pastikan bahwa keinginan Presiden, dalam bentuk kebijakan itu ter-deliver sampai ke bawah. Sampai diwujudkan, sampai dioperasikan," pungkas dia.
 

(HUS)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif