NEWSTICKER
ilustrasi baku tembak
ilustrasi baku tembak

TNI: Kondisi di Nduga Dipastikan Aman

Nasional kelompok bersenjata di papua
Theofilus Ifan Sucipto • 16 Agustus 2019 22:21
Jakarta: TNI menjamin kondisi di Nduga, Papua kondusif pascapenembakan oleh Kelompok Kriminal Separatis Bersenjata (KKSB). Bahkan sejumlah pengungsi sudah kembali ke asalnya.
 
“Sekarang lebih aman. Pengungsi sudah berkurang 40 persen karena sudah kembali,” kata Kepala Pusat Penerangan (Kapuspen) Penerangan TNI Sisriadi kepada Medcom.id, Jumat 16 Agustus 2019.
 
Sisriadi menyebut dua prajurit TNI yang tertembak telah dirawat dengan kondusif. Mereka tertembak saat mengantar logistik.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Dia mengungkapkan lokasi KKSB hanya terkonsentrasi di beberapa distrik. Namun, TNI sedang membuat jalan tembusan di jalur Transpapua.
 
TNI, kata dia, sigap mengamankan jalur tersebut. Pasalnya, pemerintah menugaskan TNI untuk membangun 35 jembatan.
 
Namun, KKSB menolak pembangunan tersebut. Mereka disebut merasa terusik dengan hadirnya fasilitas itu.
 
“Kalau ada jalan, masyarakat sejahtera, mereka ganggu. Karena mereka tidak ingin masyarakat sejahtera,” tutur Sisriadi.
 
Kendati begitu, Sisriadi mengaku TNI tidak akan menambah personel. Jumlah TNI yang bersiaga masih mumpuni menjaga situasi tetap kondusif.
 
Sebelumyna, dua prajurit Batalyon Infanteri (Yonif) Raider 751/Vira Jaya Sakti, Pratu Panji dan Pratu Sirwandi, ditembak Kelompok Kriminal Separatis Bersenjata (KKSB) di Nduga, Papua. Mereka diserang setelah kendaraannya diadang di sekitar Danau Habema, menuju Mbua, Nduga.
 
"Untuk informasinya sementara, benar adanya gangguan tembakan itu," kata Kepala Penerangan Komando Daerah Militer XVII/Cenderawasih Letnan Kolonel Eko Daryanta kepada Medcom.id, Jumat, 16 Agustus 2019.
 
Namun, Eko belum bisa menyampaikan secara rinci koronologis penembakan tersebut. Pihaknya masih menyelidiki serangan tersebut. "Kronologisnya itu masih diperdalam," ujar Eko.
 

(NUR)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif