Menteri PUPR Basuki Hadimuljono. Foto: Medcom.id/Annisa Ayu
Menteri PUPR Basuki Hadimuljono. Foto: Medcom.id/Annisa Ayu

Kementerian PUPR Antisipasi Puncak Curah Hujan

Nasional banjir jakarta
Antara • 03 Januari 2020 15:18
Jakarta: Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono menerjunkan 280 pegawainya ke 180 titik yang dilanda banjir. Mereka mengamati lokasi untuk mengantisipasi banjir menjelang puncak curah hujan pada pertengahan Januari 2020.
 
"Dua hari ini mereka survei penyebab banjirnya," kata Basuki di Kementerian Koordinator (Kemenko) Kemaritiman dan Investasi di Jakarta, Jumat, 3 Januari 2020.
 
Basuki mengatakan penyebab banjir yang disurvei meliputi rusaknya pompa atau tanggul yang jebol. Di Kemang Pratama, contoh dia, ada dua tanggul yang jebol.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Di tempat lain, misalnya pompa yang rusak, kami akan menginventarisasi, Senin (6 Januari 2020) akan kita kerjakan karena ngejar tanggal 11 yang katanya mau jadi (puncak). (Tanggal) 11, 12, 13, 14, 15 (Januari) kan, itu kita akan persiapan di situ," kata dia.
 
Sebelumnya, Kepala Pusat Meteorologi Publik Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Fachri Radjab mengatakan potensi hujan rendah dan lebat masih ada sampai sepekan ke depan. Hujan yang turun berberapa hari terakhir baru permulaan.
 
"BMKG akan menginformasikan warning (peringatan) itu tiga jam sebelum kejadian, seperti halnya kami infokan ke masyarakat," tutur Fachri.
 
Dia mengimbau masyarakat untuk tetap berjaga-jaga karena intensitas hujan sedang dan lebat di Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jabodetabek) masih ada sampai tujuh hari ke depan. Selain itu, pada Senin dan Selasa, 5-6 Januari 2020, diperkirakan ada air pasang.
 
Banjir pada Selasa, 31 Desember 2019, kombinasi akibat curah hujan tinggi dan merata di hulu dan hilir DKI Jakarta. Penyebab lain adalah belum optimalnya pembangunan prasarana pengendalian banjir karena sejak 2017 normalisasi tak dilakukan lantaran kendala pembebasan lahan.
 


 

(OGI)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif