Presiden Jokowi. Foto: MI/Ramdani.
Presiden Jokowi. Foto: MI/Ramdani.

Jokowi Minta Kepala Daerah Sigap Hadapi Bencana

Nasional banjir jakarta presiden jokowi
Desi Angriani • 06 Januari 2020 14:49
Jakarta: Presiden Joko Widodo meminta kepala daerah siap dan siaga menghadapi berbagai bencana. Pasalnya, Indonesia akan menghadapi curah hujan ekstrem sampai Februari 2020.
 
"Waspada dan siap siaga dalam menghadapi bencana dalam musim hujan yang ekstrem ini," katanya saat membuka sidang kabinet paripurna di Istana Negara, Jalan Veteran, Jakarta, Senin, 6 Januari 2020.
 
Dia ingin persiapan menghadapi bencana benar-benar matang. Mulai dari proses evakuasi, tempat pengungsian, bantuan sosial hingga obat-obatan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Selain kepala daerah, Jokowi juga menyinggung kementerian dan lembaga. Gerak cepat dari mereka juga diperlukan untuk mengurangi dampak bencana.
 
"Walau saya lihat semua sudah bergerak tapi perlu saya ingatkan lagi," imbuh dia.
 
Selain itu, TNI, Polri, Basarnas dan BNPB juga diminta lebih sigap membantu proses evakuasi di lapangan. Jokowi tak ingin masyarakat menunggu lama lantaran proses berjalan lamban.
 
"Perintah sudah tidak usah saya ulang-ulangi lagi. Saya kira semua sudah paham," pungkas dia.
 
Hujan deras sejak 31 Desember 2019 malam hingga 1 Januari 2020 pagi, menyebabkan banjir di wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi (Jabodetabek). Pemprov DKI Jakarta menurunkan 120 ribu petugas untuk menanggulangi banjir.
 

(ADN)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif