Ketua Umum nonaktif MUI Ma'ruf Amin - Medcom.id/Candra Yuri Nuralam.
Ketua Umum nonaktif MUI Ma'ruf Amin - Medcom.id/Candra Yuri Nuralam.

Pengganti Ma'ruf di MUI Dibahas Usai Pengumuman Pemilu

Nasional mui
Candra Yuri Nuralam • 29 Mei 2019 17:05
Jakarta: Ketua Bidang Dakwah Majelis Ulama Indonesia (MUI) Muhammad Cholil Nafis menyebut pengganti Ma'ruf Amin akan dibahas usai pengumuman resmi Komisi Pemilihan Umum (KPU). Calon wakil presiden nomor urut 01 itu dipastikan tidak bakal rangkap jabatan.
 
Cholil menyebut ada dua alternatif yang disiapkan untuk mengganti Ketua Umum nonaktif MUI itu. Pertama mencari plt ketua umum.
 
"Bisa alternatif ya, mungkin plt. Seperti dulu Kiai Toha wafat lalu Pak Din naik," kata Cholil di gedung MUI, Jalan Pramuka, Menteng, Jakarta Pusat, Rabu, 29 Mei 2019.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Opsi kedua mempercepat Musyawarah nasional (Munas) MUI. Nantinya, Munas akan mempertemukan para petinggi MUI untuk membahas nasib Ma'ruf Amin.
 
"Ada kemungkinan ini dibiarkan beliau dengan Munas sampai jadi Munas, karena beliau menyelesaikanlah kepengurusan sampai selesai. Seperti sekarang beliau masih bisa berjalan. Kalau tidak bisa seperti biasa ya sampai nanti Juni 2020 kalau enggak bisa itu ya dipercepat barang kali Munasnya," ujar Cholil.
 
(Baca juga:KH Ma'ruf Amin Non-aktif sebagai Ketum MUI)
 
Cholil mengaku sampai saat ini MUI belum mencari pengganti Ma'ruf lantaran belum ada putusan pemenang dari Komisi Pemilihan Umum (KPU). Jika sudah mendekati pelantikan sebagai wapres, baru MUI memikirkan nasib Ma'ruf.
 
"Saya pikir setelah ditetapkan sebagai wapres ya mungkin tidak bisa kerja dua," tutur Cholil.
 
Ma'ruf Amin memilih non-aktif dari jabatannya sebagai Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) sejak Agustus 2018. Keputusan non-aktif tersebut didasari pertimbangan agar posisi Ma'ruf sebagai cawapres tidak menimbulkan pro-kontra di masyarakat. Termasuk di internal MUI.
 

(REN)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif