Presiden Joko Widodo. Foto: ANT/Akbar Nugroho Gumay
Presiden Joko Widodo. Foto: ANT/Akbar Nugroho Gumay

Jokowi: Membangun Indonesia Butuh Semangat dan Keberanian

Nasional Kabinet Jokowi-Maruf
Cindy • 07 Desember 2019 22:34
Jakarta: Presiden Joko Widodo menyebut membangun Indonesia memerlukan semangat yang kuat. Bahkan dibutuhkan keberanian, kepercayaan diri, dan optimisme.
 
"Negara ini negara besar tidak mungkin kita membangun dengan semangat yang setengah-setengah, enggak mungkin," kata Jokowi saat membuka Kongres II Relawan Projo dikutip dari Antara, Sabtu, 7 Desember 2019.
 
Jokowi menuturkan tantangan dalam pembangunan Indonesia ke depan masih panjang. Seluruh aspek yang ada di Tanah Air masih perlu dibenahi.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Dia menyebut selama masa pemerintahan 2014-2019, pemerintah fokus membangun infrastuktur. Tugas itu juga belum selesai dan perlu dilanjutkan hingga lima tahun ke depan. Jokowi mencontohkan pembangunan infrastruktur di Papua.
 
"Lima tahun yang lalu saat saya di Wamena mau ke Nduga, rakyat kita butuh empat hari empat malam berjalan di tengah hutan, kadang seminggu. Coba bayangkan kalo ada yang sakit dibawa ke Wamena butuh empat hari empat malam," ujarnya.
 
Indonesia, kata dia, adalah negara yang sangat besar. Ada 17 ribu pulau yang membutuhkan perhatian dalam pembangunan infrastruktur.
 
Mantan Gubernur DKI Jakarta itu menceritakan saat dirinya ke Papua empat tahun lalu. Dia sudah dua kali ke Nduga dan medan di sana sungguh sulit.
 
"Saya ke sana saya tanya ke bupati penduduknya 123 ribu jiwa, kok banyak sekali padahal waktu saya turun dari heli saya gak lihat satu orang pun, itu di kota kabupaten, enggak ada orang," ungkapnya.
 
Bupati tersebut, lanjutnya, menjawab dibutuhkan waktu selama delapan jam untuk ke rumah penduduk. Jokowi pun diajak melalui hutan selama delapan jam untuk mencapai pasar. Pasar itu, kata dia, hanya ada 60 orang.
 
"Inilah negara kita, jangan membayangkan Indonesia ini kaya Jakarta semua, jangan membayangkan Indonesia hanya Pulau Jawa. Mereka juga membutuhkan pembangunan infrastruktur, logistik, seperti yang kita nikmati di Pulau Jawa," tutur Jokowi.
 
Melihat kondisi Papua itu, Jokowi memerintahkan pembangunan jalan dari Wamena-Nduga. Saat ini pembangunan sudah rampung sehingga perjalanan hanya memerlukan waktu 4-6 jam.
 
"Itulah pentingnya infrastruktur, jangan sampai ada yang bilang infrastruktur enggak bisa dimakan. Siapa yang suruh makan infrastruktur," kata Jokowi.

 

(NUR)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif