Menteri Sosial Agus Gumiwang Kartasasmita--Medcom.id/Whisnu Mardiansyah.
Menteri Sosial Agus Gumiwang Kartasasmita--Medcom.id/Whisnu Mardiansyah.

Kemensos Terjunkan Tim ke Wilayah Terdampak Tsunami

Nasional Tsunami di Selat Sunda
Cahya Mulyana • 23 Desember 2018 11:57
Jakarta: Menteri Sosial Agus Gumiwang Kartasasmita telah melakukan langkah cepat dan tindak lanjut terhadap kejadian tsunami di Selat Sunda. Tim Taruna Siaga Bencana (Tagana) dan relawan telah bergerak masuk ke wilayah terdampak.
 
"Fokus Kementerian Sosial pada saat ini adalah mengaktifkan sistem penanggulangan bencana bidang perlindungan sosial, mengerahkan Tagana dan relawan sosial, pemberian bantuan pemenuhan kebutuhan dasar dan pelayanan sosial lainnya, serta advokasi dan layanan dukungan psikososial," tegas Agus di Jakarta, Minggu, 23 Desember 2018.
 
Tahap awal setelah terjadinya bencana, tim perlindungan sosial korban bencana alam Kementerian Sosial telah menerjunkan Tagana. Hal itu untuk melakukan evakuasi dan mendirikan dapur umum untuk penyiapan makan dan minum yang layak.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Sementara untuk pengiriman logistik tahap pertama akan dilaksanakan pagi ini setelah koordinasi dengan Dinas Sosial dan Tagana Provinsi Banten dan Lampung," terangnya.
 
Ia mengatakan sesaat setelah terjadinya bencana, Tagana Banten dan Lampung melakukan penyisiran ke lokasi terdampak. Tagana bersama BPBD, TNI, Polri, Basarnas, SKPD, PMI, relawan dan masyarakat bahu-membahu melakukan evakuasi warga.
 
Baca: BMKG Sebut Telah Keluarkan Peringatan Gelombang Tinggi
 
Agus menambahkan bantuan bencana akan dikirimkan dari Gudang Pusat Bekasi ke Dinas Sosial Provinsi Lampung dan Dinas Sosial Provinsi Banten. Bantuan terdiri dari bantuan permakanan, peralatan evakuasi, peralatan keluarga, sandang, dan perlengkapan Tagana.
 
"Bantuan makanan terdiri dari makanan siap saji, lauk pauk, makanan untuk anak dan mie instan. Bantuan sandang meilupti selimut dan paket sandang. Sementara untuk kebutuhan tempat tinggal sementara bagi warga yang mengungsi disiapkan tenda serbaguna keluarga, tenda gulung, velbed, dan kasur," pungkasnya.
 
Seperti diketahui tsunami menerjang pantai di sekitar Selat Sunda, khususnya di Kabupaten Pandenglang, Lampung Selatan dan Serang pada Sabtu malam pukul 21.27 WIB. Hingga saat ini dampak tsunami menyebabkan 62 orang tewas dan kerusakan.
 
Seorang Tagana Banten, Abu Salim mengatakan ia mengevakuasi korban tepat di Hotel Mutiara Carita. Korban yang dievakuasi mengalami luka-luka dan dibawa ke Puskesmas Carita dan Puskesmas Labuan.
 

(YDH)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif