Warga melihat daftar korban meninggal untuk mencari informasi kerabatnya yang hilang di Puskesmas Carita Pandeglang, Banten, ke Puskesmas Labuhan, Minggu (23/12/2018). Foto: Antara/Asep Fathulrahman
Warga melihat daftar korban meninggal untuk mencari informasi kerabatnya yang hilang di Puskesmas Carita Pandeglang, Banten, ke Puskesmas Labuhan, Minggu (23/12/2018). Foto: Antara/Asep Fathulrahman

Layanan Kesehatan di Posko Pengungsian Labuan Berjalan Baik

Nasional Tsunami di Selat Sunda
Media Indonesia • 24 Desember 2018 13:56
Pandeglang: Mayoritas warga yang mengungsi di posko pengungsian Lapangan Futsal, Kecamatan Labuan, Kabupaten Pandeglang, Banten, mengalami sakit perut. Pun demikian, tidak ada warga yang sampai mengalami sakit berlebihan.
 
Pantauan di lokasi, warga tertangani dengan baik di posko tim kesehatan yang dibuka oleh relawan dari Rumah Sakit Umum Kencana Serang Banten di lokasi.
 
Warga sangat tertib melakukan antrean demi mendapat pemeriksaan kesehatan dari tim medis.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


“Alhamdullilah tidak ada penyakit serius yang diidap pengungsi di sini,” aku salah satu tim medis Agus di lokasi pengungsian, Senin, 24 Desember 2012.
 
Baca juga: BMKG: Tsunami Disebabkan Longsoran Anak Krakatau
 
Menurutnya, mayoritas warga yang mengungsi di posko ini mengalami sakit perut, pusing, dan nyeri-nyeri di badan.
 
“Paling banyak warga sakit perut. Kami sudah tangani dengan baik dan kasih obat sehingga nyeri sakit perut bisa hilang,” ungkap Agus.
 
Ketersediaan obat yang didatangkan pihak rumah sakit cukup untuk kebutuhan warga yang mengungsi.
 
Agus menambahkan, selain memberikan perawatan kepada warga yang mengeluh merasa kurang sehat, mereka juga memberikan pelayanan secara rutin kepada warga yang tidak mengeluhkan kesehatan selama berada di posko.
 
“Dari kemarin kami rutin lakukan tensi darah dan cek kesehatan lainnya. Semua warga baik-baik saja dan semua bisa ditangani,” imbuhnya.
 
Baca juga: Jokowi Besuk Korban Tsunami
 
Dengan tersedianya posko kesehatan di pusat pengungsian Kecamatan Labuan ini sangat membantu warga. Pasalnya, ketika mereka mengeluh dengan kesehatan bisa langsung ditangani.
 
“Bagus Mas, kami cukup lapor dan langsung ditangani. Semua obat juga lengkap di pos kesehatan ini,” tandas salah satu warga Desa Teluk Suciwati, 31, di lokasi. (M Taufan SP Bustan/MI)
 

(MBM)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi