Gibran: Jabatan Politik Harus Dimulai dari Bawah

Achmad Zulfikar Fazli 08 Desember 2018 21:39 WIB
presiden jokowi
Gibran: Jabatan Politik Harus Dimulai dari Bawah
Gibran Rakabuming. Foto: Medcom.id/Pyhtag Kurnati.
Bogor: Gibran Rakabuming Raka, putra Presiden Joko Widodo, menyebut jabatan politik tak bisa diraih secara instan. Politikus pun harus mengikuti jenjang karier untuk mendapat jabatan politik.

"Dimulai dari bawah dulu, bupati, wali kota, gubernur, baru (presiden). Ada jenjang kariernya. Namanya transisi dari pengusaha ke politikus kan ada masa transisinya. Makanya harus mulai dari yang paling bawah dulu," ujar Gibran saat berbincang dengan media di Restoran Green Garden, Kebun Raya Bogor, Jawa Barat, Sabtu, 8 Desember 2018.

Pernyataan Gibran itu diamini oleh Jokowi. Dia pun mengaku tak instan dalam meraih jabatan wali kota Solo.


Jokowi yang mengawali karier sebagai pengusaha, mengaku harus belajar kurang lebih 1,5 tahun sebelum menjadi wali kota.

"Ya betul. Ini benar-benar. Jadi saya jadi ingat, waktu saya masuk dari pengusaha ke wali kota, itu saya belajar 1,5 tahun. Belajar betul dan ndak bisa apa-apa saat itu," kata Jokowi.

(Baca: Gibran Buka Peluang Menjadi Politikus)

Menurut dia, menjadi pengusaha dengan pejabat negara jauh berbeda. Sukses di bidang usaha, belum tentu sukses memimpin pemerinrahan. Apalagi, cara kerja, prosedur dan memerintahnya pun berbeda.

"Jadi jangan dianggap pandai mengelola bisnis, kemudian masuk ke pemerintahan langsung bisa sukses, belum tentu. Karena berbeda. Sangat berbeda. Lebih baik kalau dari bupati, wali kota, naik ke gubernur. Memiliki sebuah jenjang. Mengusai yang kecil, sedang, dan besar," pungkas dia.



(JMS)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id