Ketua Umum PP Muhammadiyah Haedar Nashir.
Ketua Umum PP Muhammadiyah Haedar Nashir.

Muhammadiyah Tetapkan 1 Ramadan 6 Mei 2019

Nasional ramadan
Syarief Oebaidillah • 25 Maret 2019 17:11
Jakarta: Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah menetapkan 1 Ramadan 1440 Hijriah jatuh pada tanggal 6 Mei 2019. Ketetapan itu berdasarkan Maklumat PP Muhammadiyah bernomor 01/MLM/1.0/E/2019 tentang Hasil Hisab Ramadan, Syawal, dan Zulhijah 1440 H.
 
Muhammadiyah juga memutuskan Idulfitri 1 Syawal 1440 H bertepatan dengan tanggal 5 Juni 2019. Sedangkan 1 Zulhijah 1440 H akan jatuh pada 2 Agustus 2019 dan Iduladha jatuh pada 10 Zuhijah bertepatan 10 Agustus 2019.
 
“Pimpinan Pusat Muhammadiyah dengan ini mengumumkan awal Ramadan, Syawal dan Zulhijah 1440 Hijriah berdasarkan hasil hisab hakiki wujudul hilal yang dipedomani oleh Majelis Tarjih dan Tajdid PP Muhammadiyah," kata Ketua Umum PP Muhammadiyah Haedar Nashir dalam ketetapan maklumat yang diterima Media Indonesia , Senin 25 Maret 2019.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Baca: Pemerintah Mulai Persiapkan Mudik Lebaran
 
Haedar menyampaikan maklumat itu untuk dilaksanakan dan menjadi panduan bagi warga Muhammadiyah. "Semoga Allah SWT senantiasa melimpahkan rahmat dan hidayah-Nya kepada kita,"pungkas Haedar.
 
Persiapan Mudik
 
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan mudik 2019 sudah dipersiapkan sejak dini. Budi optimistis khusus mudik jalur darat di Pulau Jawa tidak terlalu banyak kendala menyusuk terhubungnya jalan tol TransJawa.
 
"Insyallah akan lebih bagus. Yang sekarang ini adalah tidak macet, Insyallah, karena jalur tol sudah nyambung," kata Budi.
 
Fokus perhatian arus mudik Lebaran 2019 adalah mengenai pencegahan dan mengurangi potensi kecelakaan di jalan tol Trans Jawa. Jalan tol Trans Jawa memiliki intensitas kecelakaan tinggi.
 
Beberapa titik rawan kecelakaan di jalan tol Trans Jawa yang terpantau Kemenhub berada Tol Surabaya-Mojokerto, Tol Gempol-Pandaan, Tol Solo-Kertosono, ruas Tol Solo-Ngawi dan ruas Ngawi-Kertosono.
 
Titik rawan kecelakaan lainnya berada di jalan tol Trans Jawa juga ada di Tol Semarang-Batang dan Tol Semarang-Solo.

 

(FZN)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif