Ilustrasi/Medcom.id
Ilustrasi/Medcom.id

Mutu Vaksin Covid-19 Dijamin BPOM

Nasional Virus Korona bpom vaksin covid-19
Nur Azizah • 16 Oktober 2020 15:30
Jakarta: Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) mengawal penuh pembuatan vaksin virus korona (covid-19). Mulai dari penyusunan protokol, pemberian persetujuan pelaksanaan uji klinik (PPUK), hingga pelaksanaan uji klinik.
 
Menurut dia, serangkaian inspeksi telah dilakukan. Hal tersebut untuk melihat pemenuhan kaidah cara uji klinik yang baik (CUKB) sesuai keinginan BPOM dan Komite Etik.
 
“Tim inspektur Badan POM akan melakukan inspeksi cara pembuatan obat yang baik (CPOB) ke tiga sarana produksi di Tiongkok, yaitu Sinovac, Sinopharm, dan CanSino," kata Kepala BPOM Penny Lukito melalui keterangan tertulis, Jumat, 16 Oktober 2020.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Baca:Uji Klinik Vaksin Covid-19 Memasuki Tahap Akhir Rekrutmen
 
BPOM menggandeng perwakilan Kementerian Kesehatan, tim Lembaga Pengkajian Pangan Obat-obatan dan Kosmetika Majelis Ulama Indonesia (LPPOM MUI), dan PT Biofarma. Penny menyebut inspeksi untuk memastikan percepatan akses vaksin yang aman, berkhasiat, dan bermutu.
 
Menurut dia, uji klinik vaksin Sinovac oleh tim Peneliti Fakultas Kedokteran Universitas Padjajaran telah memasuki tahap akhir. Total subjek uji mencapai 1.620 orang.
 
"Sejauh ini tidak ada laporan kejadian efek samping yang serius akibat pemberian vaksin uji Sinovac ini," ungkapnya.
 
Untuk menyiapkan produksi vaksin di Indonesia, BPOM sudah menggelar rapat koordinasi sejumlah industri farmasi Indonesia. Seluruhnya berkomitmen untuk memenuhi aspek khasiat, keamanan, dan mutu vaksin.
 
(ADN)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif