Ilustrasi hotel. Shutterstock
Ilustrasi hotel. Shutterstock

Syarat Hotel Jadi Tempat Isolasi OTG Covid-19

Nasional dki jakarta Virus Korona pandemi covid-19
Putri Anisa Yuliani • 29 September 2020 10:02
Jakarta: Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) DKI Jakarta telah mengajukan 30 unit hotel di Ibu Kota menjadi fasilitas isolasi bagi orang tanpa gejala (OTG) virus korona (covid-19). Namun, baru dua hotel yang digunakan.
 
"Kenapa dua? Karena dua itu yang sudah diverifikasi oleh tim Satgas Covid-19. Nanti yang lain tentunya menyusul sesuai dengan kebutuhan," kata Ketua PHRI DKI Jakarta Krishandi saat dihubungi, Senin, 28 September 2020.
 
Ia menyebut verifikasi Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 tak mudah dilalui. Beberapa syarat penting menjadi pertimbangan sebuah hotel bisa lolos verifikasi, misalnya memiliki protokol kesehatan yang baik.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Hotel yang berminat menjadi tempat isolasi wajib memiliki kamar dan keamanan yang memadai. Dua syarat yang tak kalah penting ialah jarak RS rujukan covid-19 dan lokasi hotel. Satgas Covid-19 berusaha memperhatikan sebaran hotel agar merata.
 
Baca: 2 Hotel di Jakarta Sudah Tampung OTG Covid-19, Simak Cara Daftarnya
 
Sebelum diverifikasi, pengelola hotel pun harus memastikan koordinasi dengan RS rujukan covid-19 terdekat baik. Akses OTG yang memiliki gejala memberat harus mulus.
 
"Misalnya dia (hotel) di Lebak Bulus, lalu RS rujukan terdekatnya di mana. Kalau dia dari Lebak Bulus harus ke Jakarta Utara kan jauh. Faktor itu juga dilihat," kata Krishandi.
 
Sebanyak 30 hotel tersebut memiliki lebih 4.000 ribu kamar. Pelibatan hotel untuk isolasi OTG diharap mampu mengisi kebutuhan fasilitas isolasi milik pemerintah yang terbatas.
 
Baca: Jakarta Targetkan 18 Hotel Khusus Isolasi Mandiri
 
Sebelumnya, pemerintah menyiapkan hotel untuk isolasi OTG covid-19. Penyediaan hotel ditujukan apabila kapasitas RS Wisma Atlet makin penuh. Hotel-hotel ini akan dibiayai oleh APBN.
 
(SUR)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif