Kepala Lembaga Biologi Molekuler Eijkman, Amin Soebandrio. Medcom.id/Theofilus Ifan Sucipto
Kepala Lembaga Biologi Molekuler Eijkman, Amin Soebandrio. Medcom.id/Theofilus Ifan Sucipto

Eijkman Pamer Kelebihan Vaksin Merah Putih

Nasional Virus Korona vaksin covid-19
Theofilus Ifan Sucipto • 24 November 2020 13:13
Jakarta: Kepala Lembaga Biologi Molekuler Eijkman, Amin Soebandrio, memaparkan kelebihan vaksin covid-19 Merah Putih yang tengah dikembangkan. Salah satunya, menggunakan protein rekombinan yang keamanannya terjamin.
 
“(Protein rekombinan) diketahui termasuk paling aman karena molekul kecil dan tidak mengakibatkan efek samping yang serius,” kata Amin dalam diskusi virtual, Selasa, 24 November 2020.
 
Amin menyebut Eijkman menggunakan protein rekombinan lantaran teknologinya sudah dikenal di laboratorium dan industri. Sehingga biaya riset dan produksi relatif lebih murah.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


(Baca: Vaksin Merah Putih Diproduksi Akhir 2021)
 
Keunggulan lain vaksin Merah Putih lebih mudah didistribusikan di iklim tropis seperti Indonesia yang berkisar 25-30 derajat celcius. Sebab, Vaksin Merah Putih bisa tetap digunakan di penyimpanan bersuhu 2-8 derajat celcius.
 
Sementara itu, vaksin lain memerlukan penyimpanan khusus di suhu -20 hingga -70 derajat celcius. Vaksin Merah Putih menjadi lebih mudah didistribusikan ke pelosok ketimbang vaksin lain.
 
“Apalagi Kementerian Kesehatan punya pengalaman vaksinasi seperti yang polio cukup dengan pendingin 2-8 derajat celcius,” terang Amin.
 
(REN)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif