Bendung Katulampa di Kota Bogor, Jawa Barat. (Foto: Medcom.id/Rizky)
Bendung Katulampa di Kota Bogor, Jawa Barat. (Foto: Medcom.id/Rizky)

Bendungan Katulampa Sempat Siaga III, Warga di Bantaran Kali Diminta Waspada

Nasional banjir banjir jakarta DKI Jakarta musim hujan BMKG
Antara • 22 September 2021 09:32
Jakarta: Permukaan air Bendung Katulampa, Bogor, naik menjadi 90 sentimeter (cm) pada Selasa malam, 21 September 2021. Kondisi ini menyebabkan Bandungan Katulampa dalam status Siaga III.
 
Kepala Pengawas Bendung Katulampa, Andi Sudirman mengatakan kondisi ini tak berlangsung lama. Saat ini kondisi sudah kembali normal dengan ketinggian air 40 cm. 
 
Kendati begitu, Andi meminta masyarakat tetap waspada. Sebab, musim hujan sudah tiba.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Hati-hati saja, karena hujan deras bisa terjadi tiba-tiba, baik di Bogor atau Jakarta," kata Andi dilansir dari Antara, Jakarta, Rabu, 22 September 2021.
 
Hujan deras terjadi di sejumlah wilayah Kota Bogor pada kemarin sore, sekitar pukul 17.00 WIB. Hujan membuat ketinggian air naik.
 
Baca: BMKG Keluarkan Peringatan Dini Cuaca Ekstrem untuk Beberapa Provinsi
 
Karena dekat dengan hulu Sungai Ciliwung di Puncak, Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bogor, Bendung Katulampa menjadi patokan pertama siaga banjir Jakarta. Meski sejumlah pintu air mulai dari Depok hingga Jakarta masih normal, namun warga bantaran Sungai Ciliwung patut waspada.
 
Andi mengatakan laporan kondisi Bendung Katulampa telah disampaikan secara cepat ke petugas di beberapa pintu air. Siaga banjir dan bencana alam di sekitar wilayah Sungai Ciliwung sudah menjadi tanggung jawab bersama pemerintah dan warga setempat.
 
(NUR)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif