Wakil Kepala Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK) Dian Ediana Rae. (MI/Koresponden)
Wakil Kepala Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK) Dian Ediana Rae. (MI/Koresponden)

Wakil Kepala PPATK Menjabat Regional Representative Asia-Pasifik The Egmont Group

Nasional pencucian uang
Wanda Indana • 12 Juli 2019 21:26
Jakarta: Wakil Kepala Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK) Dian Ediana Rae dipilih secara konsensus sebagai salah satu Regional Representatives (RR) the Egmont Group untuk kawasan Asia-Pasifik.
 
Dari keterangan rilis yang diterima Medcom.id, Dian dipilih oleh 27 juridiksi di Asia-Pasifik pada Selasa, 2 Juli 2019, di Den Haag, Belanda. Durasi jabatannya yang akan diemban hingga dua tahun ke depan.
 
Terpilihnya Dian, menunjukkan peran aktif Indonesia pada umumnya, dan PPATK pada khususnya dalam menegakkan komitmen anti-pencucian uang dan pencegahan pendanaan terorisme (APUPPT).

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


The Egmont Group merupakan organisasi internasional yang menghimpun Lembaga Intelijen Keuangan (financial intelligence units/FIU) di seluruh dunia. Posisi Regional Representatives di kawasan Asia Pasifik, merupakan salah satu posisi strategis yang digelar dalam acara kegiatan the 26th Egmont Group Plenary Meeting.
 
Sebagai Regional Representatives the Egmont Group di kawasan Asia Pasifik, Wakil Kepala PPATK akan bertugas menyuarakan kebijakan The Egmont Group kepada Regional Group kawasan Asia Pasifik, sekaligus mengkomunikasikan dan merepresentasikan pandangan dan kepentingan dalam proses diskusi dan penetapan kebijakan.
 
"Juga akan bertugas secara proaktif memantau perkembangan isu terkait APUPPT dan perkara teknis lainnya seperti keanggotaan di Regional Group di kawasan Asia-Pasifik," kata Dian.
 
Selain Wakil Kepala PPATK, terpilih juga DM Rupasinghe yang merupakan Direktur Lembaga Intelijen Keuangan Sri Lanka (FIU Sri Lanka), yang dalam pemungutan suara berhasil mengalahkan Manoj Kaushik yang merupakan Additional Director dari FIU India.
 
Kedua Regional Representatives baru ini akan memulai kerja besarnya dalam mengoptimalkan komitmen kerja sama lembaga intelijen keuangan di kawasan Asia Pasifik selama periode dua tahun ke depan dalam mencegah dan memberantas tindak pidana pencucian uang dan tindak pidana pendanaan terorisme.

 

(WAN)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif