Replika ikan yang terbuat dari sampah dipajang di CFD. Foto: Medcom.id/Sonya.
Replika ikan yang terbuat dari sampah dipajang di CFD. Foto: Medcom.id/Sonya.

Menteri Susi: Tolak Plastik Sekali Pakai!

Nasional sampah
Sonya Michaella • 21 Juli 2019 11:15
Jakarta: Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti memimpin langsung kampanye pengurangan sampah plastik di area Car Free Day (CFD), MH Thamrin, Jakarta Pusat. Dia mengajak publik berhenti memakai plastik sekali pakai.
 
Setidaknya 1.000 warga dari berbagai kota turut serta dalam kampanye ini. Acara digelar dengan pawai jalan kaki dengan membawa spanduk dari Bundaran Hotel Indonesia (HI) menuju Taman Aspirasi Monas.
 
Peserta aksi mengajak Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta ikut berkomitmen mengurangi sampah plastik. Pemerintah perlu menggaungkan penolakan penggunaan plastik sekali pakai.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


“Mari kita terus tolak pemakaian plastik sekali pakai demi kelestarian lingkungan,” seru Susi sebelum pawai di Jakarta, Minggu 21 Juli 2019.
 
Susi menekankan replika ikan raksasa yang hadir dalam pawai, yang terbuat dari plastik, sebagai lambang penolakan plastik sekali pakai. Replika ikan tersebut disusun dari sampah plastik dari Kepulauan Seribu dan Bali.
 
Selain Susi, pawai juga diikuti grup band Slank, Navicula, dan 49 kolaborator dari masyarakat sipil. Mereka mendukung Indonesia harus berhenti menggunakan plastik sekali pakai.
 
Baca: Perangi Sampah di Kota Bekasi Lewat Sedekah Sampah
 
Kaka, vokalis Slank, turut mengimbau warga Indonesia agar mulai setop menggunakan plastik sekali pakai. Kaka meminta publik membiasakan membawa botol minum atau tumbler sebagai ganti plastik minuman.
 
“Kalau belanja ke supermarket, cuma beli 2-3 barang ya enggak usah pakai plastik. Atau paling bagus ya bawa tas belanja dari rumah. Saya juga ingin warga Indonesia mengurangi pemakaian sedotan,” ungkap Kaka.

 

(OGI)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif