Ilustrasi. Medcom.id
Ilustrasi. Medcom.id

514 Kabupaten dan Kota Zona Hijau di Indonesia

Nasional Virus Korona
Siti Yona Hukmana • 13 Juli 2020 21:45
Jakarta: Wilayah dengan zona hijau virus korona (covid-19) disebut mengalami kenaikan 20,2 persen. Data itu tercatat per Minggu, 5 Juli 2020.
 
"Sebanyak 514 kabupaten dan kota di Indonesia masuk kategori hijau atau wilayah tanpa kasus terkonfirmasi positif," kata Tim Komunikasi Publik Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Nasional, Reisa Broto Asmoro, di Gedung BNPB, Jakarta Timur, Senin, 13 Juli 2020.
 
Reisa mengatakan setiap wilayah memiliki capaian berbeda-beda dalam hal adaptasi kebiasaan baru atau new normal. Sebagian wilayah ada yang cepat beradaptasi, sebagian lagi memerlukan waktu yang lebih lama.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Itu karena luas wilayah dan kepadatan setiap provinsi kabupaten kota kita berbeda-beda. Nah Perbedaan tersebut dapat dilihat dari perubahan daerah dalam zonasi risiko covid-19," ujar Reisa.
 
Reisa mengatakan ada tiga jurus jitu wilayah yang berhasil menjadi zona hijau. Yakni kerja keras dan pengawasan ketat oleh gugus tugas daerah dan seluruh pimpinan daerah, kedisiplinan dan kepatuhan seluruh anggota masyarakat, serta kesadaran bahwa daerah hijau akan membuat masyarakat lebih produktif namun tetap aman covid-19.
 
"Wabah covid-19 belum berakhir, kita bisa memutus rantai penularan. Maka mari kita contoh mereka yang berhasil membuat zona hijau dengan tiga jurus jitu itu," ucap dia.
 
Baca: Bioskop Memiliki Risiko Tinggi Penularan Covid-19
 
Reisa menyebut ada 34 persen wilayah dengan risiko rendah atau zona kuning. Kemudian, 35 persen wilayah dengan risiko sedang atau zona oranye dan 10,7 persen wilayah risiko tinggi atau zona merah.
 
Reisa memerinci ada 104 kabupaten kota yang masuk dalam zona hijau, 61 tidak terdampak dan 43 kabupaten kota tidak ada kasus baru. Kemudian, 175 kabupaten dengan risiko rendah, 180 kabupaten kota dengan risiko sedang dan 55 kabupaten kota dengan risiko tinggi.
 
"Berdasarkan data Kemenkes provinsi yang tidak memiliki penambahan kasus per Minggu, 12 Juli 2020 yaitu ada Bangka Belitung, Kalimantan Utara, Sulawesi Tengah, Nusa Tenggara Timur (NTT)," kata Reisa.
 
Jumlah pasien positif korona di seluruh Indonesia per Senin, 13 Juli 2020, mencapai 76.981 orang. Sebanyak 36.689 pasien dinyatakan sembuh, sedangkan 3.656 orang meninggal akibat virus yang pertama kali menjangkiti Wuhan, Tiongkok tersebut.
 

(JMS)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif