Warga berbelanja pakaian yang dijual pedagang kaki lima di Jalan Jati Baru II, Tanah Abang, Jakarta, Senin, 18 Mei 2020. Foto: Antara/Aditya Pradana Putra
Warga berbelanja pakaian yang dijual pedagang kaki lima di Jalan Jati Baru II, Tanah Abang, Jakarta, Senin, 18 Mei 2020. Foto: Antara/Aditya Pradana Putra

Masyarakat Wajib Patuhi Protokol Kesehatan Saat ke Pasar

Nasional Virus Korona
Nur Azizah • 21 Mei 2020 18:19
Jakarta: Juru bicara pemerintah untuk kasus korona (covid-19) Achmad Yurianto meminta masyarakat tetap mematuhi protokol kesehatan di mana pun berada, termasuk pasar tradisional. Hal ini mengingat menjelang Idulfitri 1441 Hijriah, pasar tradisional makin ramai dengan warga yang membeli keperluan Lebaran.
 
"Jaga jarak setidaknya satu meter dalam situasi sekarang di mana kebutuhan untuk hari Lebaran sangat dekat maka hati-hati dan cegah," kata Yuri di Kantor Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Jakarta Timur, Kamis, 21 Mei 2020.
 
Yurianto meminta warga bergantian saat memasuki pasar maupun toko. Selain itu, masyarakat tetap wajib mengenakan masker dan rutin mencuci tangan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Ini yang harus kita laksanakan bersama-sama, siapa pun untuk saling mengingatkan. Oleh karena itu, bepergian bukan sebuah pilihan karena akan meningkatkan risiko untuk tertular," ujar dia.
 
Presiden Joko Widodo memerintahkan jajarannya untuk mengawasi penerapan protokol kesehatan menjelang dan saat Idulfitri. Salah satu fokus yakni di pasar-pasar tradisional.
 
Masyarakat Wajib Patuhi Protokol Kesehatan Saat ke Pasar
 
Baca: Tujuh Warga di Pasar Bulungan Reaktif Covid-19
 
"Saya melihat pasar tradisional saat ini sudah mulai ramai karena masyarakat banyak yang belanja dalam rangka hari raya," kata Jokowi di Istana Negara, Jakarta Pusat, Selasa, 19 Mei 2020.
 
Jokowi meminta masyarakat tak abai dengan protokol kesehatan. Mereka tetap wajib pakai masker dan menjaga jarak bila berada di kerumunan orang.
 
Informasi lengkap tentang perkembangan penanganan pandemi covid-19 bisa langsung diakses di sini.
 

(OGI)

LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif