NEWSTICKER
Pos pemantauan korona di RSPI Sulianti Saroso - Medcom.id/Yurike Budiman.
Pos pemantauan korona di RSPI Sulianti Saroso - Medcom.id/Yurike Budiman.

RSPI Mengurangi Jam Pos Pemantauan Korona

Nasional Virus Korona
Yurike Budiman • 17 Maret 2020 23:31
Jakarta: Terhitung sejak, Senin, 16 Maret 2020, pos pemantauan virus korona (covid-19) di RSPI Sulianti Saroso tidak lagi dibuka 24 jam. Alasannya, tidak ada lagi masyarakat yang memeriksa atau berkonsultasi terkait korona hingga malam hari.
 
"Kami masih buka, tapi sudah tidak 24 jam, karena kalau kita lihat di malam hari itu tidak terlalu banyak pasien yang datang," ujar Direktur Medik, Keperawatan, dan Penunjang RSPI Sulianti Saroso, Dyani Kusumowardhani, Selasa, 17 Maret 2020.
 
Kini, pos tersebut dibuka dari pukul 07.30 WIB hingga 21.00 WIB, setiap hari. Namun, jika ada warga atau pasien yang datang dalam kondisi sakit bisa langsung dilayani di IGD tanpa harus ke pos pemantauan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Kalau memang kondisinya memerlukan pertolongan segera, bisa di IGD. Tapi kami fokus pada pasien-pasien yang terkait covid-19. Rawat inap pun kami tidak menerima lagi pasien baru dengan kasus lain," kata Dyani.
 
Baca: Tujuh Pasien Positif Korona Meninggal
 
Bagi orang yang datang ke Pos Pemantauan, nantinya akan dilakukan proses penapisan atau screening. Dengan catatan orang tersebut secara klinis dalam kondisi baik.
 
"Bila berkenan bisa lanjutkan ke Medical Check Up, esok harinya. Dan kalau memang ada gejala yang perlu diperiksa dokter maka akan dilakukan pemeriksaan dari dokter," kata dia.
 
Dalam proses screening itu lah, pasien akan ditanyakan gejala atau keluhannya, dan dugaan adanya paparan virus korona. Dokter juga akan menanyakan riwayat perjalanan orang tersebut.
 
"Lalu adakah kontak dengan orang yang dinyatakan positif atau diduga positif. Itu adalah bagian dari screening. Sementara untuk tes swab (pengambilan sampel cairan saluran nafas), itu dilakukan pada pasien PDP. Jadi setelah dirawat dia akan diswab," katanya.
 

(JMS)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif