Jokowi' Sarapan' Harga Bahan Pokok Saban Pagi

Achmad Zulfikar Fazli 19 November 2018 11:08 WIB
harga sembakobahan pokok
Jokowi' Sarapan' Harga Bahan Pokok Saban Pagi
Presiden Joko Widodo dalam acara peresmian Masjid Ki Bagus Hadikusumo di Universitas Muhammadiyah Lamongan, Jawa Timur, Senin, 19 November 2018 - Medcom.id/Achmad Zulfikar Fazli.
Lamongan: Presiden Joko Widodo terus memantau perkembangan harga bahan pokok di seluruh Indonesia. Jokowi mengaku tiap pagi membaca laporan harga bahan pokok.

"Sarapan pagi saya harga-harga, harga beras, harga cabai, harga daging, harga daging ayam, harga sayur, semuanya pasti masuk ke meja saya, yang saya baca pertama juga itu," kata Jokowi dalam acara peresmian Masjid Ki Bagus Hadikusumo di Universitas Muhammadiyah Lamongan, Jawa Timur, Senin, 19 November 2018.

Dia tak mau ada lonjakan harga pada bahan pokok, utamanya beras. Dia tak segan menelepon menteri terkait jika ada lonjakan harga.


"Kalau harga naik sedikit, apalagi beras, Rp100 saja, pasti detik itu juga akan telepon Kepala Bulog (Budi Waseso), akan saya telpon, Mendag (Enggartiasto Lukita), Menteri Pertanian (Amran Sulaiman), hati-hati harus ada operasi pasar untuk mengendalikan hal ini," beber dia.

Dia mengapresiasi harga bahan pokok stabil di Jawa Timur. Menurut dia, tingkat inflasi akan garis lurus dengan harga bahan pokok.

(Baca juga: Mendag Minta Pemda Kawal Persediaan dan Harga Bahan Pokok)

Inflasi di Jawa Timur hanya sebesar 1,78 persen dengan pertumbuhan ekonomi sekitar 5,48 persen. Jokowi menilai masyarakat Jawa Timur akan mendapat keuntungan dari rendahnya inflasi, dan tingginya pertumbuhan ekonomi tersebut. 

"Saya kira seperti ini rakyat pasti merasakan. Kalau kita bicara jujur rakyat pasti merasakan karena ada space, ada ruang, 5,4 persen dikurangi 1,78 persen," ucap dia.

Eks Gubernur DKI Jakarta itu mengakui tidak gampang mengelola ekonomi sekarang ini, karena gejolak di sebuah negara juga akan berimbas ke Indonesia. Kenaikan suku bunga akan berimbas ke Indonesia.

Dia mengaku ada beberapa harga bahan pokok yang naik. Misalnya, harga buncis. Namun, dia menilai kenaikan itu hal yang wajar, selama itu bukan lonjakan harga.

Jokowi juga sempat mengecek sejumlah pasar di Bogor dan Jakarta. Di semua tempat tersebut, harga stabil.

"Saya kira di daerah tadi Pak Gubernur (Jawa Timur Soekarwo) menyampaikan naik Rp1.000 ya wajar, kalau harga, kadang naik, kadang turun, tapi kalau melonjak itu yang harus kita (antisipasi)," kata dia.





(REN)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id