Pelabuhan Kali Adem, Muara Angke, yang sudah terlihat debit air nya meninggi sejak pagi tadi. Medcom.id/Yurike Budiman
Pelabuhan Kali Adem, Muara Angke, yang sudah terlihat debit air nya meninggi sejak pagi tadi. Medcom.id/Yurike Budiman

Tiga Titik Rawan Banjir Rob di Penjaringan

Nasional banjir jakarta bencana banjir Jakarta Banjir
Yurike Budiman • 09 Januari 2020 14:49
Jakarta: Sejumlah titik di Jakarta Utara diprediksi terdampak banjir rob. Pemerintah kota telah menyiapkan sejumlah hal buat mengantisipasi.
 
"Kalau melihat tahun sebelumnya, ada tiga (titik). Ada di Muara Baru, kedua di Muara Angke, lalu ketiga di Kamal Muara," kata Camat Penjaringan Mohammad Andri saat dihubungi, Kamis, 9 Januari 2020.
 
Andri mengungkapkan wilayah Muara Baru, khususnya kawasan pelabuhan sudah aman. Sebab, sudah tertutup tanggul yang tinggi.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Tanggul National Capital Integrated Coastal Development (NCICD) sudah jadi. Ya, paling yang tergenang Pelabuhan Nizam Zachman, yang terkena dampak rob," ujar dia.
 
Sementara di Muara Angke dan Kamal Muara masih ada beberapa permukiman berdiri di atas badan air. "Yang biasa kena banjir rob mereka semua. Kalau di Kamal Muara, yang rawan itu di permukiman nelayan," kata Andri.
 
Andri menyebut pihaknya sudah menyediakan pompa air di tiga wilayah itu. Ini agar air cepat surut saat banjir rob datang.
 
Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprediksi akan terjadi pasang maksimum di pesisir Jakarta Utara pada 9-11 Januari 2020 dengan ketinggian air maksimum terjadi pukul 10.00-11.00 WIB.
 

(REN)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif