Ilustrasi. Jalur Tol Cikampek. Medcom.id/Antonio
Ilustrasi. Jalur Tol Cikampek. Medcom.id/Antonio

Kemacetan di Tol Cikampek Masih Jadi PR Pemerintah

Nasional Mudik Lebaran 2019
Ilham Pratama Putra • 14 Juni 2019 22:09
Jakarta: Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengevaluasi sistem arus mudik dan balik Lebaran 2019. Budi Karya mengatakan kemacetan di jalur tol Cikampek masih jadi pekerjaan rumah pemerintah untuk kelancaran musim mudik tahun depan.
 
"Kekurangan yang harus kita evaluasi tercatat di Cikampek. Kami sudah diskusi internal dan DPR," kata Budi di Gedung Kementrian Perhubungan, Jakarta Pusat, Jumat, 14 Juni 2019.
 
Budi menyatakan sejumlah opsi akan dilakukan demi mencegah kemacetan parah di Cikampek berulang. Salah satunya, dengan menambah angkutan massal jalur darat.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Budi menilai infrastruktur saat ini telah memadai untuk mengakomodasi angkutan massal seperti bus. Budi berharap angkutan massal nantinya bisa menjangkau hingga pelosok desa.
 
"Ini harus dapat suatu penelitian lebih jauh. Apakah harus membuat moda angkutan lain yang memastikan saudara-saudara kita di kota lain dapat layanan baik," ujarnya.
 
Baca: PR Pemerintah untuk Musim Mudik Tahun Depan
 
Selain menambah angkutan massal, pemerintah juga ingin lebih banyak merenovasi terminal. Budi menyebut pihaknya akan memperbaiki 30 terminal vital sepanjang pulau Jawa.
 
"Hal ini bisa jadi memberikan suatu pemikiran mereka yang mudik tak harus berpikir bawa mobil. Ini jadi concern kita," pungkasnya.
 

(AGA)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif