Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Jusuf Kalla. ANT/Puspa Perwitasari.
Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Jusuf Kalla. ANT/Puspa Perwitasari.

Presiden akan Kunjungi Jayapura

Nasional presiden jokowi Kerusuhan Manokwari
Damar Iradat • 21 Agustus 2019 13:30
Nunkurus: Presiden Joko Widodo akan mengunjungi Jayapura, Papua, pada awal September 2019. Jokowi akan meresmikan Jembatan Holtekamp di Jayapura.
 
"Baru kita atur tetapi dalam rangka meresmikan Jembatan Holtekamp. Mungkin awal-awal bulan depan," kata Jokowi di Desa Nunkurus, Kupang, usai meninjau panen garam, Rabu, 21 Agustus 2019.
 
Jika terlaksana, kunjungan kerja itu merupakan yang pertama sejak kerusuhan di Sorong dan Manokwari. Jokowi mengaku terus memantau kondisi di Provinsi Papua dan Papua Barat.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Jokowi mengaku telah menghubungi Gubernur Papua Barat Dominggus Mandacan membahas kondisi di Sorong dan Manokwari. Menurutnya, kondisi di wilayah itu semakin kondusif.
 
"Di Fakfak juga mulai terkondisikan baik semuanya," kata dia.
 
Baca: Pengamanan di Papua Dipertebal
 
Staf Khusus Presiden untuk Papua Lenis Kogoya mengaku akan mengajak Presiden Joko Widodo berdialog langsung dengan masyarakat Papua. Hal ini dinilai perlu untuk meredam gejolak yang sempat terjadi di Bumi Cenderawasih.
 
Menurut Lenis, dialog tersebut akan membahas sejumlah hal. Termasuk soal pembangunan Papua dan Papua Barat untuk lima tahun ke depan.
 
Kerusuhan pecah di Papua Barat, Senin, 19 Agustus 2019. Lalu lintas di sejumlah jalan di Manokwari, Papua Barat, lumpuh akibat diblokade massa. Massa memprotes insiden dugaan kekerasan dan pengusiran mahasiswa Papua di Malang dan Surabaya, Jawa Timur, Jumat, 16 Agustus 2019.
 
Massa menebang pohon dan membakar ban di jalan raya. Aparat kepolisian Polda Papua Barat dan Polres Manokwari turun ke jalan mengendalikan situasi.
 

(DRI)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif