Anak-anak yang mengungsi di Masjid Raya Hasyim Asy'ari Jakarta Barat. Foto: Medcom.id/Zakaria
Anak-anak yang mengungsi di Masjid Raya Hasyim Asy'ari Jakarta Barat. Foto: Medcom.id/Zakaria

Pengungsi di Jakbar Butuh Air Bersih dan Alat Sekolah

Nasional banjir jakarta Jakarta Banjir
Zakaria Habib • 05 Januari 2020 01:41
Jakarta: Warga korban banjir yang mengungsi di Masjid Raya Hasyim Asy'ari, Kalideres, Jakarta Barat membutuhkan bantuan air bersih. Pasalnya, ketersediaan air di masjid mulai menipis.
 
"Keperluan mendesak di kita di air bersih," kata Kepala Sekretariat Pengelola Masjid Raya Hasyim Asyari Suprapto di lokasi, Sabtu, 4 Januari 2020.
 
Suprapto mengatakan air dari perusahaan air minum (PAM) mati. Ia mengaku sudah meminta tambahan pasokan air. Namun, belum bisa dikirim lantaran mobil yang membawa air bersih terjebak di jalan bekas banjir.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Kita berharap banjir anak segera surut, walaupun memang belum surut kita dari Masjid Raya siap melayani para warga terdampak banjir," ujarnya.
 
Suprapto memastikan kebutuhan pengungsi lainnya seperti makanan siap saji, selimut, kasur, dan perlengkapan mandi sudah cukup. Begitu pula dengan kebutuhan bayi.
 
Sementara Sekretaris Kelurahan Kaliders Teguh Muldianto mengatakan pengungsi juga butuh bantuan peralatan sekolah. Sebab, banyak pengungsi merupakan pelajar yang peralatan sekolahnya habis terendam.
 
"Karena adik-adik kita banyak yang sekolah SD, SMP, SMA. Itu yang paling mendesak," kata Teguh.
 
Selain itu, pengungsi juga membutuhkan bantuan pakaian dalam pria dan wanita. Termasuk, karbon untuk mengatasi bau di lingkungan warga yang terkena banjir. Bantuan obat-obatan adan kesehatan sudah diambil alih oleh Puskesmas.
 
"Kalau makanan, banyak donatur yang memberikan," ucap Teguh.
 
Sekitar 1.000 warga korban banjir masih mengungsi di Masjid Raya Hasyim Asy'ari. Mereka berasal dari wilayah Kelurahan Duri Kosambi, Cengkareng, dan Kelurahan Semanan, Kalideres. Beberapa pengungsi disebut sudah pulang ke rumah masing-masing.
 

 

(AGA)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif