Ilustrasi. MI/RAMDANI
Ilustrasi. MI/RAMDANI

Komisi IX DPR Tolak Kenaikan Iuran BPJS Kesehatan

Nasional BPJS Kesehatan
Marcheilla Ariesta • 02 November 2019 20:27
Jakarta: Anggota Komisi IX DPR dari Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Kurniasih Mufidayati, mengatakan komisinya tetap tidak setuju dengan kenaikan iuran BPJS Kesehatan. Komisi IX masih berpegang pada hasil rapat gabungan terakhir pada 23 September 2019.
 
"Di situ tertera banyak, beberapa hal yang harus diselesaikan oleh BPJS, dan kita menolak adanya kenaikan untuk yang kelas III itu. Dan itu harus ada data cleansing," tuturnya di Jakarta, Sabtu, 2 November 2019.
 
Menurutnya, pemerintah harus duduk bersama jika ingin membuat suatu keputusan. Salah satunya dengan melibatkan stakeholder, seperti rumah sakit, tenaga medis, dan juga DPR.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Mufida mengatakan pemerintah jangan menganggap remeh keputusan kesimpulan rapat terakhir. "Walau pun saya tahu itu tidak mengikat karena keputusan tersebut konsultasi, tapi saya rasa yang sudah dibangun bersama ini tolong, kemitraan ini tetap dijaga dan kita tetap dilibatkan karena kepentingan masyarakat," imbuhnya.
 
Dia bilang pada Selasa pekan depan akan ada rapat perdana dengan Kementerian Kesehatan dan juga BPJS terkait isu kenaikan iuran ini. Rapat ini digelar karena kenaikan iuran membuat resah masyarakat.
 
"Saya pribadi, mari kita lihat kebutuhan masyarakat dan tetap konsentrasi untuk mencari akar masalahnya," terangnya.
 
Presiden Joko Widodo (Jokowi) resmi menaikkan iuran Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan sebesar 100 persen. Kenaikan iuran itu berlaku bagi Peserta Bukan Penerima Upah (PBPU) dan peserta bukan pekerja.
 
Besar iuran yang harus dibayarkan sebesar Rp42.000 per bulan untuk kelas III, sebesar Rp110.000 per bulan untuk kelas II, dan sebesar Rp160.000 per bulan untuk kelas I.
 

(ADN)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif