Wapres: Regulasi Bisnis Penerbangan Paling Ketat

Dheri Agriesta 30 Oktober 2018 15:25 WIB
Lion Air Jatuh
Wapres: Regulasi Bisnis Penerbangan Paling Ketat
Wapres Jusuf Kalla. Foto: Medcom.id/Dheri Agriesta
Jakarta: Wakil Presiden Jusuf Kalla menegaskan pemerintah telah menyiapkan aturan yang ketat untuk bisnis penerbangan. Bahkan, bisnis penerbangan memiliki aturan paling ketat di antara bisnis lainnya.

"Bisnis yang paling ketat regulasinya itu penerbangan," kata Kalla di Kantor Wakil Presiden, Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, Selasa, 30 Oktober 2018.

Kalla memiliki sebuah pesawat pribadi. Ia menyebut sebuah pesawat baru mendapatkan izin terbang setelah melalui sejumlah pengecekan.


Contohnya, sebuah pesawat yang telah terbang sekian jam harus diistirahatkan. Pesawat pun harus melalui pengecekan rutin setiap sekian bulan. "Kalau enggak, enggak bisa terbang, begitu. Jadi sebenarnya regulasi itu cukup ketat." jelas Kalla.

Baca: Industri Penerbangan Indonesia Belum Dikelola dengan Canggih

Pesawat Boeing 737 Max 8 milik maskapai Lion Air hilang kontak pada 06.33 WIB, kemarin. Pesawat itu dinyatakan jatuh di Teluk Karawang, Jawa Barat.

Pesawat yang jatuh itu baru saja melakukan perjalanan dari Denpasar menuju Jakarta pada malam harinya. Pesawat pun diduga mengalami masalah, tapi Direktur Utama Lion Air Edward Sirait menyebut masalah itu telah ditangani sesuai petunjuk pabrikan.

Kalla menyebut maskapai sebagai operator pesawat terbang harus memperbaiki sistem pengecekan ini. "Pengecekan oleh perusahaan dan juga regulator, dalam hal ini (Kementerian) Perhubungan, lebih baik lagi," jelas Kalla.



(YDH)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id