Menteri Sekretaris Negara RI Pratikno. Foto: MI/Mohamad Irfan
Menteri Sekretaris Negara RI Pratikno. Foto: MI/Mohamad Irfan

Pelantikan Kepala BNPB Ditunda

Nasional bnpb
Sunnaholomi Halakrispen • 01 Januari 2019 22:45
Jakarta: Pelantikan Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) ditunda. Menteri Sekretaris Negara RI Pratikno menyatakan, besok tidak ada acara pelantikan.
 
"Menginfokan, besok tidak ada pelantikan. Maaf jika sudah dengar ada pelantikan," ujar Pratikno saat dikonfirmasi, Selasa, 1 Januari 2019.
 
Terkait pelantikan Kepala BNPB, sebelumnya Juru Bicara Kepresidenan Johan Budi membenarkan adanya pelantikan pada Rabu, 2 Januari 2019, pukul 09.00 WIB. Pratikno pun merevisi, Presiden Joko Widodo akan mengunjungi lokasi bencana di Lampung.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Pagi Bapak Presiden ke Lampung, lokasi bencana," tuturnya.
 
Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho mengatakan, jabatan Laksamana Laksamana Muda TNI (Purn.) Willem Rampangilei sebagai Kepala BNPB bakal diganti. Menurut dia, siapapun pengganti Willem sebagai orang nomor satu di BNPB harus didukung.
 
Sebab, menurut Sutopo, tidak mudah mengemban tugas sebagai kepala BNPB. Menurut dia, bencana itu multi disiplin, multi sektor dan kompleks, apalagi Indonesia berada di daerah ring of fire, daerah tropis, kepulauan dan sebagai laboratorium bencana.
 
"Siapapun yang menjadi Kepala BNPB kita harus dukung. Keluarga besar BNPB dan BPBD se-Indonesia siap menyambut dan mendukung Kepala BNPB baru. Tak lupa juga mengucapkan terima kasih dan apresiasi kepada Kepala BNPB yang lama," ujar Sutopo.
 
Menurut Sutopo, banyak tugas yang harus diselesaikan Kepala BNPB yang baru nanti, seperti relokasi dan penanganan pengungsi erupsi Gunung Sinabung, rehabilitasi dan rekonstruksi pascagempa di NTB dan Sulawesi Tengah, penanganan darurat dan pascabencana tsunami Selat Sunda, meningkatkan mitigasi bencana dan pengurangan risiko bencana, dan lainnya. Ia berharap, kepala BNPB baru bakal bisa segera bekerja dengan baik.
 
"Semoga bencana dapat diatasi dengan lebih baik. Masyarakat makin tangguh menghadapi bencana," tuturnya.
 
Baca:Letjen Doni Jadi Kepala BNPB
 
Posisi Willem sebagai Kepala BNPB dikabarkan akan diserahkan kepada Letnan Jenderal (Letjen) Doni Monardo. Sedianya, Doni bakal dilantik besok, tapi batal.
 
Doni merupakan Sekretaris Jenderal (Sesjen) Dewan Ketahanan Nasional (Wantannas). Ia mengisi jabatan tersebut sejak Maret 2018.
 
Perwira tinggi TNI-AD itu merupakan lulusan Akademi Militer Tahun 1985. Ia pernah menjabat Komandan Pasukan Pengamanan Presiden (Danpaspampres) pada masa Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono.
 
Kemudian, Letjen Doni juga tercatat pernah menjadi Danjen Kopassus pada 2014. Jenderal TNI bintang tiga itu juga pernah menjadi Panglima Komando Daerah Militer III/Siliwangi.
 

(DMR)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif