Jokowi Ingin Ada Pabrik untuk Pekerja Difabel

Yogi Bayu Aji 03 Desember 2018 11:39 WIB
hari disabilitas
Jokowi Ingin Ada Pabrik untuk Pekerja Difabel
Presiden Joko Widodo bertemu Muklis Abdul Kholik alias Adul, 9, bocah difabel asal Sukabumi. Foto: Medcom.id/Yogi Bayu Aji.
Bekasi: Presiden Joko Widodo berniat membangun pabrik khusus bagi pekerja kaum difabel. Pabrik itu diproyeksikan sebagai lapangan kerja bagi penyandang disabilitas.
 
"Saya empat tahun lalu dapat usulan pabrik untuk difabel. Saya tunggu-tunggu tanahnya belum ada," kata Jokowi dalam peringatan Hari Disabilitas Internasional di lapangan parkir Mal Summarecon, Bekasi, Jawa Barat, Senin, 3 Desember 2018.
 
Kepala Negara memerintahkan Menteri Sosial Agus Gumiwang Kartasasmita untuk menyelesaikan masalah ini. Dia ingin pabrik secepatnya didirikan.
 
Di sisi lain, Jokowi menekankan difabel tak boleh dipandang sebelah mata. Pasalnya, mereka juga dapat berprestasi seperti yang ditampilkan dalam ajang Asian Para Games 2018.
 
"Prestasi ada karena semangat juang, kerja keras, kreativitas," jelas dia.
 
Jokowi meminta para penyandang disabilitas percaya diri. Dia mencontohkan semangat Muklis Abdul Kholik alias Adul, 9, bocah difabel asal Sukabumi, Jawa Barat, yang terus semangat bersekolah walau harus berjalan merangkak.
 
"Saya tanya ke Adul mau minta apa ke saya. 'Endak Pak` jawabnya. Saya minta sekolah dari SD ke kuliah diperhatikan. Ini semangat ini harus kita tumbuhkan, tingkatkan," kata Jokowi.

(FZN)

metro tv
  • Opsi Opsi
  • kick andy Kick Andy
  • economic challenges Economic Challenges
  • 360 360

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id