Rommy Sayangkan Banyak Penceramah Tampilkan Wajah Marah

03 Desember 2018 14:36 WIB
radikalisme
Rommy Sayangkan Banyak Penceramah Tampilkan Wajah Marah
Ketua Umum DPP PPP Muhammad Romahurmuziy (tengah) saat berkunjung ke Sukabumi, Jawa Barat, Kamis (16/11/2017). Foto: Antara/Budiyanto
Jakarta: Ketua Umum PPP M Romahurmuziy menyayangkan masih banyaknya juru dakwah yang menampilkan wajah marah saat menyampaikan ceramahnya, bahkan mudah mencela saat melihat kesalahan orang lain.

"Bagaimana akan membuat Islam mudah diterima kalau yang membawakan saja mudah marah-marah," kata Romahurmuziy seperti dilansir Antara, Senin, 3 Desember 2018.

Politikus yang akrab disapa Rommy itu mengatakan seorang penceramah harus bijaksana melihat permasalahan umat, tidak mudah menyalahkan, apalagi sampai gampang marah-marah.


Baca juga: BIN Didesak Umumkan Penceramah Terpapar Radikalisme

Bahkan, lanjut cicit pendiri NU KH Wahab Hasbullah itu, jika ada orang yang bersalah dan menentang dakwahnya, ia justru harus memintakan ampunan bagi orang tersebut.

"Senjata Kanjeng Nabi Muhammad saat berdakwah adalah kelembutan. Tidak suka marah dan selalu memintakan ampunan bagi orang yang berbuat salah," ujarnya.

Rommy meminta semua penceramah mampu meneladani akhlak Nabi Muhammad. Akhlak yang penuh kelembutan itu terbukti berhasil menyukseskan dakwah Islam.

Baca juga: Informasi BIN Alarm soal Radikalisme

Bahkan, lanjut Rommy, dakwah Nabi Muhammad jauh lebih sukses dibanding para nabi sebelumnya, karena memiliki pendekatan yang jauh lebih baik.

"Akhlak Kanjeng Nabi itu membuat orang jatuh cinta, dan kemudian membuat mereka jatuh cinta kepada Islam," ujar putra cendekiawan Muslim Prof KH Tholhah Mansur itu.

Menurut dia, bulan Rabiul Awal ini, bulan ketika Nabi Muhammad dilahirkan, merupakan saat yang tepat bagi umat Islam, terutama para penceramah untuk kembali mempelajari dan meneladani akhlak Nabi Muhammad.



(MBM)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id