Atasi keamanan Papua jangan picu masalah baru. Foto: Dok/Metro TV
Atasi keamanan Papua jangan picu masalah baru. Foto: Dok/Metro TV

Panglima TNI: Atasi Keamanan Papua Tanpa Picu Masalah Baru

MetroTV • 14 Mei 2022 21:09
Jakarta: Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa mengatakan persoalan penangan pengamanan di Papua merupakan jangka panjang dan harus tepat sasaran sesuai dengan aturan yang ada. Jangan sampai penanganan masalah di Papua malah menimbulkan masalah baru.
 
“Memang ini (pengamanan Papua) jangka panjang. PR kita semua. TNI kan hanya khusus dalam hal keamanan saja. Itupun sifatnya terbatas,” ujar Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa dalam tayangan Metro Hari Ini, Sabtu, 14 Mei 2022.
 
Hal tersebut disampaikan saat Jenderal Andika Perkasa berkunjung ke Pos Komando Madago Raya di Poso, Sulawesi Tengah. Menurutnya, upaya penumpasan Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) di Papua berposisi sama dengan pengejaran kelompok Mujahidin Indonesia Timur (MIT) di Sulawesi Tengah. Yaitu melalui pola satuan operasi penegakan hukum yang bekerja sama dengan Polri dan instansi lain.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Andika menjelaskan, salah satu pengaruh operasi penumpasan KKB akan berlangsung pada jangka panjang. Penangan pengamanan di Papua juga harus sesuai dengan peraturan yang sudah ada agar tidak memicu munculnya masalah baru.
 
“Kami berusaha untuk melakukan tanpa menimbulkan masalah baru sehingga kami benar-benar menjaga agar pola operasi kami ini sesuai dengan rambu-rambu peraturan perundangan yang ada,” ujar Andika. (Fatha Annisa)
 
(MBM)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif