Ilustrasi SPBU Pertamina - - Foto: dok Pertamina
Ilustrasi SPBU Pertamina - - Foto: dok Pertamina

Tarif Jasa Toilet SPBU Disebut Tak Ada Paksaan

Nasional BUMN Pertamina SPBU Erick Thohir
Media Indonesia.com • 27 November 2021 04:00
Jakarta: Penjaga toilet SPBU Pertamina disebut mempunyai peran penting untuk membuat fasilitas tetap bersih dan nyaman digunakan pengunjung.
 
Pejabat (Pj) Ketua Umum Pengurus Besar (PB) HMI, Romadhon Jasn, mengatakan biaya yang dipungut untuk pengunjung dinilai masih dalam batas wajar lantaran untuk membeli fasilitas kebersihan.
 
"Kalaupun ada pengguna atau pengunjung mau memberikan uang sebagai bentuk terimakasih, tentu boleh-boleh saja asal bersifat sukarela, tidak ada tarif dan tidak ada paksaan. Apalagi uang yang diberikan juga untuk kepentingan membersihkan toilet, jadi tidak masalah," kata Romadhon dalam keterangan pers, Jumat, 26 November 2021.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Baca: Viral, Erick Thohir Kaget Toilet SPBU Pertamina Bayar
 
Romadhon menjelaskan toilet SPBU semestinya memang harus dijaga secara khusus dan terpisah dari pekerja kebersihan kawasan SPBU. Menurut dia penjagaan secara khusus ini bisa memberikan hasil maksimal untuk perawatan toilet agar tetap bersih.
 
"Toilet SPBU itu memang seharusnya dijaga secara khusus, agar kebersihannya terjamin, peralatannya terjaga, dan yang paling penting agar selalu ada orang yang bertanggungjawab apabila toilet tidak berfungsi dengan baik," jelasnya.
 
Selian itu menurut Romadhon tidak semua toilet SPBU mematok tarif tertentu. Masih ada sejumlah toilet SPBU yang tidak memungut tarif dan hanya menyediakan kotak amal bagi pengguna toilet yang ingin berbagi.
 
Romadhon menambahkan berdasarkan informasi dari beberapa penjaga toilet SPBU, uang yang diperoleh dari kotak amal itu sebagian besar untuk membiayai kebutuhan kebersihan toilet dan musala di SPBU, seperti membeli sabun dan pewangi, biaya sedot wc, alat pel, air, sampai pembetulan saluran pembuangan kotoran agar toilet tidak mampet.
 
"Dan sebagian lagi untuk penjaga toilet yang bertanggungjawab merawat dan menjaga kebersihan toilet. Yang penting itu kita harus berusaha menjadikan toilet SPBU sebagai toilet yang bersih, sehingga pengguna merasa nyaman dan tidak jijik," ungkapnya.
 
(DEN)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif