Mantan Wakil Presiden Jusuf Kalla memberikan kesan mengenai sosok Gus Sholah, Foto: Medcom.id/Anggi Martaon
Mantan Wakil Presiden Jusuf Kalla memberikan kesan mengenai sosok Gus Sholah, Foto: Medcom.id/Anggi Martaon

JK Hingga Sandiaga Uno Hadiri Tahlilan Gus Sholah

Nasional Obituari
Anggri Sastriadi • 08 Februari 2020 21:54
Jakarta: Sejumlah tokoh menghadiri tahlilan malam ke-7 almarhum KH Solahuddin Wahid (Gus Sholah) di Jakarta, Sabtu, 8 Februari 2020. Di antaranya mantan Wakil Presiden RI Jusuf Kalla (JK).
 
Pantauan Medcom.id, JK tiba di lokasi acara di Jalan Tendean nomor 2C, Jakarta, pada pukul 20.22 WIB. JK yang datang sendirian disambut oleh Irfan Asy'ari Sudirman Wahid (Gus Ipang) putra sulung Gus Sholah.
 
Usai berjabat tangan, mereka langsung memasuki kediaman. JK duduk di salah satu sudut kosong rumah dan berbaur dengan pelayat yang sudah datang duluan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Tak lama setelah itu, Sandiaga Uno juga tiba di kediaman Gus Sholah pada pukul 20.38 WIB. Mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta itu juga disambut oleh Gus Ipang.
 
Usai pembacaan doa, beberapa orang mulai menceritakan kesan terkait sosok Gus Sholah semasa hidup. Kesempatan pertama diberikan untuk kemenakan Gus Sholah, Lily Wahid.
 
JK Hingga Sandiaga Uno Hadiri Tahlilan Gus Sholah
KH Salahuddin Wahid atau Gus Sholah/ANTARA FOTO/Syaiful Arif
 
Lily menyebutkan, sosok Gus Sholah merupakan sosok yang baik dan tidak pemarah. "Bahkan, Ipang pun tidak pernah dimarahi oleh almarhum," kata Lily.
 
Selanjutnya JK diberikan kesempatan untuk menyampaikan testimoni. Suami Mufidah Kalla itu menilai Gus Sholah merupakan tokoh persatuan.
 
"Saya sebagai pribadi banyak berhubungan, baik di Jakarta atau di Tebu Ireng juga. Pembicaraan hanya satu bagaimana bangsa ini maju dan bersatu. Tidak ada konteks lain," kata JK.
 
Selain itu, JK juga salut dengan gaya komunikasi Gus Sholah. Pesan yang disampaikan juga dapat diterima oleh berbagai pihak.
 
"Kalau Gus Sholah bicara agama, bahasa yang digunakan tidak bersifat mikro, fiqih misalnya. Tapi lebih luas," kata dia.
 
Selain kedua tokoh di atas, publik figur yang menghadiri tahlilan Gus Sholah yaitu pendiri Bukalapak Achmad Zaky, Christine Hakim dan Fahri Hamzah. Mantan Wakil Ketua DPR itu hadir di lokasi pada pukul 21.10 WIB.
 

 

(ADN)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif