Gubernur Jabar Ridwan Kamil (kedua dari kanan) di Persemaian Permanen Purwakarta - Medcom.id/Sunnaholomi Halakrispen.
Gubernur Jabar Ridwan Kamil (kedua dari kanan) di Persemaian Permanen Purwakarta - Medcom.id/Sunnaholomi Halakrispen.

Ridwan Kamil Gagas Program Expo Citarum

Nasional ridwan kamil
Sunnaholomi Halakrispen • 30 Desember 2018 04:24
Karawang: Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, mengaku yakin dengan penanganan Sungai Citarum melalui program Expo Citarum. Apalagi, Sungai Citarum merupakan salah satu permasalahan Daerah Alirah Sungai (DAS).
 
"Kami akan memulainya dengan menggelar Expo Citarum, apa yang muncul dari expo tersebut akan kami jadikan sebagai acuan menata Citarum," kata Emil di Persemaian Permanen Purwakarta, Desa Jomin, Karawang, Jawa Barat, Sabtu, 29 Desember 2018.
 
Emil berharap program Expo Citarum nantinya bisa memperbaiki citra Indonesia di mata dunia. Dia juga menilai jika program Citarum Harum selama ini belum maksimal. Padahal, dana untuk program Citarum Harum sejauh ini mengalir dengan baik.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Uang sudah mengalir, sudah dibelanjakan, tapi kan enggak berdampak karena dimensinya terlalu banyak," ujar dia.
 
Emil ingin di era kepemimpinannya persoalan Sungai Citarum bisa diselesaikan dengan cara tepat. Terpenting, mensinergikan kerjasama antar pihak terkait.
 
"Saya sebagai Dansatgas (Komandan Satuan Tugas Citarum Harum) akan menerjemahkan kekompakan, persatuan, satu komando, kemarin itu kerja masing-masing, seperti orkestra semua main musik tapi enggak jadi musik yang bagus," ucapnya.
 
Oleh karenanya, menurut Emil, pihaknya bakal berkoordinasi dengan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan. Termasuk, dengan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, serta sejumlah kampus dan komunitas terkait.
 
"Insya Allah saya ada di depan menerjemahkan arahan presiden, lima sampai tujuh tahun Citarum yang paling buruk harus jadi yang paling baik," pungkasnya.
 

(JMS)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif